Tarif Dikeluhkan, Pelabuhan Tanjung Wangi Sepi

Tarif Dikeluhkan, Pelabuhan Tanjung Wangi Sepi

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)–Pelabuhan Tanjungwangi yang Desa ketapang kecamatan kalipuro sebagai pelabuhan bongkar muat.

Tidak seperti potensi yang ada di-Banyuwangi sedang menggeliat, sebaliknya tak nampak hilir mudik di Pelabuhan Tanjungwangi yang terletak Desa Ketapang Kecamatan Kalipuro Banyuwangi.

Pantauan Faktanews.co.id. kesan sepi dan tak terlalu ramai kapal yang hendak melakukan bongkar muat di pelabuhan wilayah utara kabupaten Banyuwangi tersebut.

Gudang-gudang yang terdapat di wilayah pelabuhan tanjungwangi tersebut juga nampak sepi dari penguna jasa pelabuhan tanjung wangi.

Penelusuran tim Faktanews.co.id melalui pengguna jasa pelabuhan tersebut, salah satu penyebab sepinya aktivitas bongkar muat dan sepinya pengunaan gudang lantaran diduga pihak Pelindo III mengunakan tarif yang terlalu tinggi naik hingga hampir dua kali lipat dari dibatas ketentuan.

“Harganya terlalu tinggi diatas batas ketentuan kenapa tarif yang sudah dihitung deputy regional properti Bali yang seharusnya per m2 Rp.36.500 tiba tiba cabang menetapkan Rp.72.000 padahal pelabuhan tanjungwangi itu wilayahnya Bali,” ujar salah satu penguana jasa.

Pengguna jasa ini juga menyayangkan hingga saat ini sewa lahan untuk penumpukan geothermal berita acaranya belum lengkap ditandatanggani pihak Pelindo III

Sementara itu, GM Pelindo III Tanjung wangi Nizar mengaku kondisi pelabuhan secara umum aman dan terkait tingginya tarif Pelabuhan tanjungwangi telah mendapat persetujuan dari berbagai pihak.

“Tarif yang berlaku dipelabuhan sudah disepakati oleh para asosiasi INSA, APBMI dan ILFA serta KSOP.

Nizar berargumen bahwa tarif tersebut juga telah disesuaikan dengan kondisi di daerah Pelabuhan Tanjung Wangi.

“Karena ada biaya buruh yang setiap tahun naik sesuai dengan UMK Kabupaten Banyuwangi serta sudah disosialisasikan ke para pengguna jasa sehingga tarip dimasing masing Pelabuhan tidak sama,”katanya.(sum/kin).

Komentar

comments

Tagged with