Tak Tahu Isi Surat SKSHH, Sopir Truck Dihukum 1 Tahun

Tak Tahu Isi Surat SKSHH, Sopir Truck Dihukum 1 Tahun

Faktanews.co.id-(Banyuwangi)- Nasib sial dan ketidakadilan harus diterima warga dusun Pancursari RT 04 Rw IV Desa Benculuk Kecamatan Cluring Banyuwangi, Nur Wahid.

Gara-gara mengangkut kayu yang tidak dia diketahui Surat Keterangan Sahnya Hasil Hutan Kayu (SKSHHK) yang diberikan petugas Perhutani bukan untuk peruntukannya, lelaki berusia 50 tahun itu harus dihukum pidana 1 tahun penjara dalam putusan Hakim Pengadilan Negeri Banyuwangi,(27/3/2018).

Tidak itu saja, Majelis Hakim yang diketuai Putu Endru SH juga menjatuhkan denda 500 jt atau subsider kurungan 1 bulan.

Dalam sidang terungkap baik terdakwa Nurwahid maupun saksi-saksi diantaranya juga terdakwa dalam kasus tersebut yaitu Suratmin dan 3 oknum pegawai perhutani lainnya Pipit, Suhadi, Mardi (Mandor) mengungkap ketidaktahuan Nurwahid terhadap isi surat SKSHHK.

Dalam sidang terungkap Nurwahid disuruh mengangkut kayu oleh Suratmin petugas pembuat SKSHHK dengan diberi amplop dekumen pengiriman kayu sebelumnya.

Nurwahid yang ditangkap polisi sekitar November 2017 lalu pada bulan April 2018 didakwa pasal 83 jo 12 Undang-Undang (UU) no 18 tahun 2013 tentang Pencegahan Pemberantasan Kehutanan (ilegal loging) didakwa tim Jaksa yang diketuai Arifin SH dengan ancaman 13 bulan Penjara.

Sedangkan Suratmin dan 3 oknum pegawai perhutani lainnya Pipit, Suhadi, Mardi (Mandor) yang akhirnya juga harus jadi pesakitan, di Pengadilan Negeri Banyuwangi masing-masing didakwa pasal 374 KUHP (menyalahgunakan jabatan) dihukum sama rata 5,6 bulan penjara oleh Majelis Hakim berbeda diketuai Heru SH.

Ikbal SH salah satu Kuasa hukum Nurwahid mengatakan, ada beberapa kejanggalan hukum yang membuat rasa keadilan menjadi terusik.

Menurutnya, dari awal pihaknya telah mengendus ada ketidaksinkronan kasus ini dalam penerapan hukumnya.

“Seperti yang ramai dibicarakan publik kenyataan seperti itu, masak saya selaku kuasa hukum harus diam saja, kita pasti ambil langkah – langkah melaporkan ke lembaga hukum yang menangani,”katanya dihalaman pengadilan Negeri Banyuwangi. (*kin).

Komentar

comments

Tagged with