Unair Dirikan Cabang Di Banyuwangi, Untag Gugat Ke PTUN

Dr. Didik Suhariyanto,SH,Mh

Dr. Didik Suhariyanto,SH,Mh

Faktanews.co.id- (Banyuwangi)- Dari 12 perguruan tinggi swasta (PTS) di Banyuwangi hanya Untag Banyuwangi masih ngotot untuk menolak Kehadiran UNAIR di Banyuwangi, tidak tanggung – tanggung lembaga pendidikan tinggi terbesar di Banyuwangi ini melakukan upaya hukum ke PTUN Jakarta No gugatan 117/ PEN-PP/2014/PTUN Jakarta tanggal 17 Juni 2014.

Gugatan PTUN melalui Rektor UNTAG Banyuwangi Tutut Hariyadi,Msi merupakan kelanjutan langkah presuasif dengan melalui surat menyurat kelembaga  terkait Kementrian Pendidikan tentang keberadaan UNAIR di Banyuwangi, Dirjen DIKTI, Kopertis Wilayah 7.

Namun sayangnya hal itu tidak ada balasan. sehingga di lakukan langkah pengajuan permohonan Uji Materiil (Judicial Review) Permendiknas No 20 Tahun 2011 tentang penyelenggaraan program studi (prodi) diluar domisili Perguruan Tinggi, diluar domisili perguruan tinggi yang di tetapkan di jakarta tanggal 19 mei 2011.

Dalam pasal 3 ayat (1) berbunyi penyelenggaraan progam studi diluar domisili wajib memenuhi persyaratan sebagai dalam huruh e dinyatakan Penyelenggaraan progam studi diluar  domisili dilakukan untuk memenuhi minat mahasiswa pada progam studi tersebut yang belum terpenuhi oleh perguruan tinggi setempat.

Pakar Hukum Tata Negara di Banyuwangi yang juga dosen UNTAG Banyuwangi, Dr. Didik Suhariyanto, SH,Mh mengatakan, upaya hukum Uji Materiil (Judicial Review) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 20 tahun 2011 di Mahkamah Agung Republik Indonesia No. Perkara: VI/2014/HUM Jakarta Pusat tertanggal 10 Juni 2014

“Kita meminta dilakukan Uji Materiil di Mahkamah Agung Republik Indonesia  itu belum ada jawaban, maka kita melakukan somasi pada tanggal 20 Mei 2014 tentang penerbitan Mandat Menteri Pendidikan dan Sk Dirjen DIKTI pada tanggal 21 Maret 2014”, katanya.

Diakui penolakan UNAIR juga membuat Pemkab Banyuwangi berupaya melobi. ”Kita sempat di datangi untuk diminta tidak melakukan upaya hukum, namun semuanya sudah terlanjur terlalu jauh”, jelasnya

Penyelenggaraan prodi diluar domisili telah tercantum dalam rencana strategi 5(lima) tahun perguruan tinggi penyelenggara( pasal 3 ayat 1).

”UNAIR cabang Banyuwangi kan buka tahun 2014, lembaga pendidikan lahan dan tidak punya gedung, itu yang akan di pakai gedung SMU 1 giri hanya di pasang umbul-umbul, dasar UNAIR menggunakan”, katanya prihatin. (yak)

Komentar

comments

Tagged with