Tak Mau Terus Menanggung Dampak, Warga Kembali Protes TPA Bulusan

Tak Mau Terus Menanggung Dampak, Warga Kembali Protes TPA Bulusan

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)-Berkeinginan menghirup udara segar tanpa tercemari bau sampah serta dampak lainnya, Warga Kelurahan Bulusan Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur melakukan unjuk rasa, di Lokasi Tempat Pembuangan Sampah setempat, (18/4/2018).

Puluhan warga yang tinggal Lingkungan Kampung Baru dan sekitarnya itu melakukan sikap protes dengan meneriakkan yel-yel dan membawa beberapa spanduk bertuliskan nada protes.

Dalam aksi ini warga menghadang dan memaksa kembali truck yang mengangkut sampah agar tidak membuang sampah lagi di TPA Bulusan.

Ditengah aksi nampak Lurah Bulusan Arif Rahman dan aparat dari Polsek Kalipuro untuk memberi arahan pengertian saran kepada warga terkait sikap protes warga akan  di koordinasikan dan disampaikan kepada kepala Kantor Lingkungan Hidup Banyuwangi.

Aksi ini merupakan untuk sekian kali akibat sudah beberapa tahun disekitar terdapat tempat pembuangan Akhir (TPA) sampah.

Sebelumnya Ketua Komisi IV DPRD Banyuwangi juga sempat melihat langsung kondisi TPA Bulusan, Selasa (20/3/2018) lalu.

Dalam catatan Redaksi Faktanews.co.id. Rentang kondisi terkini TPA Bulusan sudah overload, jika rata-rata sampah dari 13 kecamatan yang masuk ke TPA Bulusan sekitar 500 Ton per hari.

Di TPA seluas 1,5 hektar ini, ketinggian tumpukan sampah permukaan tanah hampir 15 Meter, ketika musim hujan mengeluarkan bau juga rawan longsor.

Salah satu tokoh warga mengatakan, sudah sepuluh tahun lebih warga disini menanggung dampak lingkungan akibat jadi tempat buang sampah.

“Kita ingin jangan lagi disini jadi tempat pembuangan sampah, warga harapanya agar di tutup selamanya karena menggangu, baunya sampah itu sangat berdampak ke lingkungan,”kata San diamini puluhan warga lainnya. (*yi/kin).

Komentar

comments

Tagged with