Soekarwo: Kalau Khofifah Diusung Demokrat, Cawagub Juga Dari Demokrat

Soekarwo: Kalau Khofifah Diusung Demokrat, Cawagub Juga Dari Demokrat

Faktanews.co.id.-(Surabaya)- Bila DPP Partai Demokrat mengusung nama Khofifah Indar Parawansa sebagai Calon Gubernur (Cagub) di Pilgub Jawa Timur 2018,maka calon wakil gubernur (Cawagub) pendampingnya juga harus dari partai berlambang Mercy tersebut.

Setidaknya bila calonnya bukan dari internal kadernya, yang bersangkutan masuk dulu nenjadi anggota Partai Demokrat.

“Secara mekanisme dan aturan memang seperti itu. Bakal Cawagubnya nanti harus memiliki KTA Demokrat,” jelas
Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Soekarwo yang juga anggota majelis tinggi DPP Demokrat. Gedung Grahadi Surabaya, Rabu (1/11).

Menurutnya, untuk sementara terdapat dua partai yang pasti, yaitu Partai Golkar dan Partai NasDem sebagai koalisinya sambil menunggu kemungkinan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

“Yang pasti, untuk posisi pendampingnya dari partai yang suara dan kursinya lebih banyak, yaitu Demokrat. Makanya nanti Bacawagubnya harus menjadi anggota Demokrat,” kata Soekarwo yang kini masih menjabat Gubernur Jatim dua kali berturut-turut anggota ini.

Lebih jauh menurut Soekarwo dari internal partainya sudah menyiapkan beberapa sebagai Cawagub seperti Ipong Muchlissoni (saat ini menjabat Ponorogo) Emil Elistianto Dardak (Bupati Trenggalek). adapula dua nama dari birokrat
Kepala Harsono (BLU RSUD dr Soetomo), Heru Tjahjono, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Jatim satu nama lagi kemungkinan muncul adalah anak SBY mantan Presiden RI.Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Namun demikian menurut Soekarwo, nama-nama yang akan dipasangkan sebagai calon orang nomor dua di Pemprov Jatim juga sangat dipengaruhi oleh Khofifah sebagai bakal calon Gubernur.

“Kami mengusulkan nama-nama yang dinilai layak dan itu kuat di kawasan Mataraman, tapi tentu saja Bu Khofifah sangat berpengaruh untuk menentukannya juga,” ungkapnya.(li/ham).

Komentar

comments

Tagged with