Siswa SD Dapat Dana BOS 750 ribu, Smp 1. Juta

Plt.Kadiknas Drs Sulihtiyono MM

Kadiknas Drs Sulihtiyono MM

Faktanews.co.id.(Banyuwangi)- dana Bantuan operasional sekolah( BOS) tahun 2015 sudah harus diterima oleh siswa. Jumlah total dana BOS dibanyuwangi Bos sebesar Rp 38. 899 950. Dana tersebut Diperuntukkan bagi siswa tingkat sekolah dasar (SD) persiswa mendapat Rp 750 ribu/pertahun, sedangkan untuk sekolah tingkat sekolah menengah pertama(SMP) sebesar 1. Juta/ pertahun. Untuk penerimaan dana BOS triwulan ke. II diterima Bulan Februari lalu 2015.

Perlu di ketahui , berdasarkan lampiran Permendikbud no.161 tahun 2014 tentang juknis dana Bos tahun 2015 penyaluran dan bos tiap triwulan berdasarkan data program pendidikan (Dapodik) dengan ketentuan sebagai berikut: triwulan 1 (Januari-Maret) didasarkan pada dapodik cairnya tanggal 30 Nopember 2014, triwulan dua (April-Juni) tanggal pencairan 15 februari 2015, triwulan tiga (Juli- September) tanggal pencairan 15 mei 2015 dan triwulan IV (Oktober- Desember) tanggal pencairan 21 September 2015.

Kadis pendidikan Banyuwangi Drs. Suliyono MM. mengatakan, dana bos DARI pemerintah kemendikbud di kirim langsung melalui rekening sekolah masing-masing. Dalam pelaksaannya, Pengelolaan dana bos diatur sesuai petunjuk teknis juklak dan juknisnya.

“ada 13 komponen yang harus di lakukan tiap –tiap sekolah mendapat dana Bos yang harus di biayai,” katanya.

Sulih juga menjelaskan, Dana bos tersebut tidak boleh di pinjamkan kepihak lain untuk mendapatkan hasil. Dalam 13 komponen itu antaralain: untuk biaya lat tulis kantor (ATK), kegiatan-kegiatan sekolah seperti pembelian kapur tulis dll dan juga untuk perbaikan sekolah yang skala kecil seperti bocor-bocor.

Untuk pembayaran seperti guru honorer ada presentasinya.

“dana bos tidak boleh semua untuk pembayaran guru honorer. Untuk penggunaan dana bos di luar dari juklak dan juklisnya akan ketahuan dan masuk kreteria pelanggaran,” katanya.(yayak)

editor : makin

Komentar

comments

Tagged with