Sempat Ditutup Polres Karena Tak Berijin, Galian C Kalipuro Buka Kembali

Sempat Ditutup Polres Karena Tak Berijin, Galian C Kalipuro Buka Kembali

Faktanews.co.id.- (Banyuwangi)- Pasca ditutup oleh Reskrim Polres Banyuwangi, tambang galian C yang berada di lingkungan Wangkal, Kelurahan Kalipuro, Kecamatan Kalipuro telah ber operasi kembali.

Rizal (31), selaku ketua karang taruna menuturkan setelah tindakan dari kepolisian dan tidak boleh ber operasi, penambangan sempat berhenti.

“tetapi sekarang kok ber operasi lagi tambang ini bahkan Rabu malam kemarin alat berat datang lagi ke lokasi tambang dan hari kamisnya ber operasi,”ungkapnya kepada Faktanews.co.id.(31/10).

Sementara itu, Hr setempat mengatakan operasi kembali galian C diwilayah dusun Wangkal, Kalipuro tak jauh dari upaya lobi-lobi pengusaha.

Kasat Reskrim Polres Banyuwangi, Sodik Effendi mengaku heran penambangan tak berijin yang sempat dia tutup (17/10/2017) kini beraktivitas kembali.

“saya tidak tahu mas jika tambang galian C itu operasi lagi, saya sudah memerintah Polsek setempat untuk turun langsung ketempat saat mendengar ada info penambangan itu (Dusun Wangkal, Kalipuro) operasi lagi,”jelasnya.

Sebelumnya seperti biasa meski diketahui tanpa mengantongi ijin dalam aktivitas namun pemilik tambang (Fakih) menyatakan pihaknya masih sedang mengurus perijinan.

“Perijinan tingkat desa,Kecamatan dan pemda setempat sudah saya urus mas, ini teman sudah ada di Pemda (dengan menunjukan video call antara fakih dan temannya yang mengurus perijinan di Pemkab,”kata Fakih beralibi.

Sedangkan Kasi Penindakan Satpol PP Banyuwangi merasa tidak berwenang melakukan tindakan apapun.

“yang berwenang provinsi mas itu secara UU yang terbaru. Jika saya menindak, saya menyalahi aturan juga,”katanya.(ver/kin).

Komentar

comments