Rute Paltuding Ijen Masih Rute Menantang

Rute Paltuding Ijen Masih Rute Menantang

Faktanews.co.id.–Tak beda dengan tahun-tahun sebelumnya, TdBI 2019 terbagi dalam empat etape dengan panjang rute 520,6 Km.

Etape I Rabo hari ini 25 September 2019, para pembalap disuguhi lintasan sejauh 133,2 kilometer mengambil start dari RTH Maron Genteng menempuh beberapa jalan lintasan hingga menyisir jalan kota Banyuwangi sebelum mengakhiri finish di depan kantor Pemkab Banyuwangi.

Etape II hari Kamis 26 September 2019 para pembalap harus menyusuri rute lebih jauh dengan total lintasan 148,2 km.

Mengambil Start Pantai Pancur melewati kawasan Taman Nasional Alas Purwo melewati rute jalan di kawasan beberapa kecamatan sebelum akhirnya kembali finish di depan kantor Pemkab Banyuwangi.

Sementara itu, Kembali Finish di depan Pemkab Banyuwangi di Etape ke III ini para pembalap akan berpacu berkeliling hingga 12 kali memutari rute kota Banyuwangi.

Etape III ini menjadi rute nyaman yang tak terlalu sulit ditaklukkan oleh pembalap Profesional yang ikut dalam gelaran olahraga yang bertujuan pula mendongkrak parawisata Banyuwangi ini.

Rute ini juga rute lintasan terpendek dari pada Etape lain, pembalap akan dimanjakan dengan jalan mulus menyusuri pusat kota Banyuwangi dengan hanya menempuh lintasan sejauh 109,3 KM.

Lain hal Etape IV yang merupakan etape penentuan dan unjuk kemampuan seluruh pembalap untuk merebut Mahkota juara TdBI 2019.

Disuguhi rute sejauh 129,9 kilometer. Etape yang juga Etape terakhir dari episode TdBI 2019 ini diwarnai jalan penuh tantangan jelang finish.

Dalam Etape IV ini para pembalap harus menunjukan kesiapan mental hingga tenaga.

Memulai start dari pasar Purwoharjo selanjutnya pembalap harus memompa motivasi seluruh kemampuan menyusuri lembah jalan menanjak Paltuding berakhir finish di Gunung Ijen.

“Meskipun ada pebalap yang menang di etape pertama hingga ketiga, belum tentu menjadi juara. Sebab tantangan sebenarnya akan ada di etape terakhir. Para raja tanjakan biasanya lebih dominan,” kata Chairman TdBI Guntur Priambodo.

Dalam TdBI 2019 ini pusat perhatian publik nampaknya ditujukan kepada juara tahun lalu atau juara bertahan Benjamin Dyball yang masih penasaran ingin menjadi yang tercepat kembali dan mempertahankan Trofy juara seperti prestasi Peter Pouly yang tercatat merebut dua gelar juara di TdBI berturut-turut pada tahun 2014 dan 2015 lalu.(ba/kin)

Komentar

comments

Tagged with