Ritual Kebo-keboan Tradisi Yang Semakin Meriah

Ritual Kebo-keboan Tradisi Yang Semakin Meriah

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)- Seperti tahun sebelumnya masyarakat Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi melaksanakan tradisi ritual Kebo-keboan, Minggu (8/9/2019).

Ribuan orang memadati menyaksikan arak-arakan yang menggambarkan rasa syukur dan permohonan kelimpahan hasil bumi kepada Tuhan atas limpahan hasil panen pertanian masyarakat atau warga setempat.

Kebo-keboan merupakan salah satu upacara adat dilakukan masyarakat Desa aliyan Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi.

Sesuai namanya kebo-keboan terdiri  warga setempat yang di dandani menyerupai kerbau dari lumuran cat hitam maupun kepala diberi tanduk sehingga menyerupai kerbau.

Tradisi ini sudah ada dan dilakukan warga Desa Aliyan sejak abad (18) lampau atau sekitar 1300 tahun lalu.

Acara ini dilakukan awal bulan syuro penanggalan jawa.

Kuatnya mempertahankan tradisi tampak sejak persiapan, antusias masyarakat setempat rela bergotong royong menyiapkan ragam kebutuhan  ritual, sebagian membangun gapura dari janur sebagian lainnya bertugas berbagai hal mulai dari rute arak-arakan, tabuhan dan personal yang akan dijadikan kebo-keboan, tabuhan dan personalnya.

Dalam pelaksanaannya, acara dilakukan dengan arak-arakan warga ataupun wisatawan yang hadir ingin menyaksikan akan melihat sejumlah petani yang sudah didandani layaknya kerbau kesurupan dimasuki roh gaib.

Kebo-keboan ini diarak berkeliling empat penjuru desa setempat.

Sesekali kerbau jadi-jadian itu mandi dikubangan lumpur yang sudah disediakan panitia acara.

Dalam acara bagian dari keparisaan Banyuwangi ini, nampak Bupati Abdullah Azwar Anas, Sekkab, Banyuwangi dan pejabat lainnya hadir di acara yang diselenggarakan tiap tahun ini.

“Tahun kemarin pulang dari Bali, saya nonton sendiri, acaranya sangat bagus, sekarang saya datang sama keluarga dan teman-teman,”kata Eka warga yang mengaku datang dari Sidoarjo menghabiskan waktu liburan akhir pekan hanya untuk lihat acara kebo-keboan di Desa Aliyan, Minggu (8/9/2019).

Tradisi Kebo-keboan ini juga dilakukan warga tetangga dekat Desa Aliyan yaitu Desa Alas Malang Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi.(*kin).

Komentar

comments

Tagged with