Rhoma, Ebiet G.Ade, Pejabat Negara Awasi Royalti

Rhoma Irama

Rhoma Irama

Faktanews.co.id.-(Artis)- Sejumlah musisi kondang masuk daam lembaga komisioner Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN). mereka resmi dilantik Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, di kantor Kementerian Hukum dan HAM Selasa siang (20/1/2015).

Sejumlah musisi tersebut masuk jadi pejabat negara yang dilantik di kantor Kementerian Hukum dan HAM diantaranya, Rhoma Irama, Ebiet G. Ade, James F. Sondakh, dan Adi KLa Project.

Selain kalangan musikus dan pencipta lagu, ada empat unsur lain yang dipilih menjadi komisioner lembaga tersebut, yakni akademisi yang membidangi hak kekayaan intelektual (HKI), advokat yang memang bergerak di bidang HKI, wakil masyarakat, dan birokrat.

LMKN bertugas mengkoordinasi dan pengawasan pengumpulan royalti oleh lembaga manajemen kolektif di bawahnya. Sehingga, tempat-tempat umum atau kegiatan yang menggunakan musik, seperti kafe, tempat karaoke, dan pentas seni, harus bayar royalti yang diatur oleh lembaga ini.

Sekedar diketahui, Lembaga Manajemen Kolektif Nasional terbentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Komsisi ini akan diisi oleh sepuluh komisioner. Dengan rincian, lima komisioner untuk hak cipta dan lima komisioner untuk hak terkait. (Glm/ed/fn)

Komentar

comments