Reses Dimanfaatkan Kampanye, Caleg Hanura Diberi Sanksi

Reses Dimanfaatkan Kampanye, Caleg Hanura Diberi Sanksi

Faktanews.co.id.- (Banyuwangi)-Terbukti melanggar Per-Bawaslu Nomor 8 tahun 2018 tentang penyelesaian pelanggaran administrasi pemilu serta Surat Bawaslu RI nomor S-2081 tanggal 14 Desember 2018 perihal pelaksanaan pengawasan kampanye dalam masa reses.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banyuwangi memberikan sanksi kepada Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Hanura, Punjul Ismuwardoyo.

Punjul yang tidak hadir dalam sidang putusan pemeriksaan pelanggaran administrasi, diputus bersalah oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banyuwangi.

Punjul Ismuwardoyo diduga berkampanye saat melakukan reses di Desa Kedungringin Kecamatan Muncar pada 10 Februari lalu.

Caleg dari daerah pemilihan Banyuwangi 3 itu terbukti melanggar UU Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu, UU Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Ketua Bawaslu Banyuwangi, Hamim menjelaskan, dalam sidang pemeriksaan, terbukti bahwa saudara Punjul melakukan kampanye saat masa reses-nya di Desa Kedungringin,” kata┬áKetua Bawaslu Banyuwangi, Hamim sesaat setelah sidang putusan pemeriksaan pelanggaran administrasi, Selasa (5/3/2019).

Sanksinya menurutnya, Bawaslu memberi teguran tertulis bagi terlapor kepada Badan Kehormatan DPRD Banyuwangi. Sebab, terlapor merupakan anggota DPRD Komisi 4 dari Partai Hanura.

Terlapor juga diberikan sanksi larangan berkampanye dengan metode pertemuan terbatas dan pertemuan tatap muka di Dapil 3 Banyuwangi selama 7 hari.

“Larangan untuk kampanye selama 7 hari juga akan kami sampaikan kepada pihak kepolisian agar tidak menerbitkan STTP kampanye sejak putusan ini dibacakan,” tegasnya.

Pelapor yang juga Ketua Panwascam Muncar, Aries Sumartadi mengatakan, dengan putusan tersebut, Pihaknya akan berkoordinasi dengan Bawaslu dalam teknis pelarangan kampanye yang dimaksud.

“Kita menghormati keputusan Bawaslu. Selain itu kita juga menunggu perintah dari Bawaslu terkait pelarangan kampanye bagi Pak Punjul nantinya,” katanya.(*jan/kin).

Komentar

comments