Raskin Kelir Jadi Menir Tak Diganti, Bulog Hanya Bentuk Satgas

Raskin Kelir Jadi Menir Tak Diganti, Bulog Hanya Bentuk Satgas

Faktanews.co.id.(Banyuwangi)– Ratusan warga Desa Kelir, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur hanya bisa pasrah terima beras bantuan Raskin atau Rastra tak layak dikonsumsi karena kualitas buruk.

Sebagai sikap keprihatinan, Raskin yang dibagikan pada 14 September 2017 lalu itu, hingga kemarin kebanyakan justru dijual lagi untuk dijadikan campuran pembuatan kopi.

Bahkan ada yang dibiarkan dan dialihkan untuk pakan itik dan ayam.

Salah satu warga yang menyebut kualitas raskin tidak layak konsumsi, Kamilatun, warga yang tinggal di Dusun Krajan RT 02 RW 01, Desa Kelir.

“Berasnya jelek, kotor, dan sudah banyak yang menjadi menir. Ini mau saya buat campuran kopi saja,” ucapnya.

Sebagai warga biasa, dia mengaku tidak bisa berbuat banyak untuk tetap menebus walau dia sudah tahu Raskin yang akan diterima kualitas buruk.

“Mau minta yang lebih bagus minta kepada siapa. Jadinya hanya bisa pasrah saja,” ungkapnya,(20/9).

Umna janda dua anak warga setempat juga terpaksa menerima raskin sebagian terpaksa untuk pakan ayam piaraannya karena kualitasnya buruk dan tak layak untuk di konsumsi.

“Ini masih saya biarkan (tidak dimasak untuk makan), berasnya banyak yang sudah jadi menir. Kalau dimasak, menirnya hancur,” ujarnya.

Kamilatun dan Umna adalah gambaran ketidak berdayaan ratusan warga lainnya yang tak berani mengadu kuatir malah jadi masalah.

Kejadian Warga desa kelir yang terpaksa disuguhi beras Raskin Kualitas buruk juga hanya gambaran kejadian di desa-desa lain di Banyuwangi.

Tentu saja mereka berharap, pemerintah desa meminta ganti raskin dengan kualitas yang baik setidaknya layak untuk konsumsi.

Terkait hal itu, Kasub Drive Bulog Banyuwangi, Jawa Timur melalui Wakasub Bulog Banyuwangi, Hita Manggala Nusa, mengaku akan segera menurunkan Satgas untuk melakukan peninjauan, Rabu sore (20/9) namun hingga kini tak ada kabar tindakan yang dilakukan.

“Terimakasih infonya Pak, Satgas kami akan meninjau kesana (lokasi penerima Rastra di Desa Kelir, Kalipuro, Red). Biar kita mudah mengetahui,” Katanya.(*kin).

Komentar

comments

Tagged with