Produksi Ikan Di Banyuwangi Lebih, Bisa Untuk Pasar Di Luar Daerah

Dalam sebulan banyuwangi membutuhkan kesediaan ikan 3,866 ton.

ikanFaktanews.co.id. Banyuwangi- Produksi ikan di Banyuwangi pada tahun 2014 ini diyakini akan memenuhi kebutuhan konsumsi ikan masyarakat di Banyuwangi bahkan seperti tahun sebelumnya produksi ikan di Banyuwangi akan lebih sehingga bisa memenuhi pasar ikan didaerah sekitarnya.

Dari jumlah penduduk Banyuwangi berkisar 1,6 juta, perkapita membutuhkan 29 kg konsumsi ikan.  Maka dalam setahun banyuwangi membutuhkan tidak kurang 46,400 ton. Bila dirincikan dalam sebulan banyuwangi membutuhkan kesediaan ikan 3,866 ton.

Sementara Banyuwangi yang mempunyai sumber suplay dari nelayan ikan yang di jual di tempat pelelangan ikan (TPI) yang tersebar TPI Pancer, Grajagan, Rajekwesi,  Muncar, Banyuwangi, Wongsorejo hasil ikan hasil  dari budi daya mencapai angka 72,600 ton.

Kadis kelautan dan perikanan Banyuwangi Ir. Pujo Hartato mengatakan, mengacu akan penting mengkonsumsi ikan Untuk orang dewasa kebutuhan protein sehari 1 gram per Kg. berat badan. Anak-anak 2 – 3 gram per Kg. berat badan.

Dianjurkan minimal 1/3 bagian dari kebutuhan protein tersebut, dipenuhi dari protein hewani. Dari protein hewani tersebut, dianjurkan 2/3 nya berasal dari protein ikan. Karena ikan mengandung, kurang lebih 20 % protein. maka kebutuhan daging ikan per Kg berat badan orang dewasa sehari sebanyak 1.1 gram. “Kesadaran masyarakat banyuwangi terkait kesadaran menkonsumsi ikan sangat baik,” katanya

Oleh karenanya, keseimbangan penyediaan ikan juga perlu di pertahankan “hasil tangkapan nelayan dilaut mencapai 49,6 ton lebih untuk budi daya berkisar 22 ton. Konsumsi masyarakat Banyuwangi kita cukupi selebihnya kita bisa masuki kebutuhan pasar ikan didaerah lainnya,penyediaan ikan tahun 2014 ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya,” katanya.(makin)

Komentar

comments