Potensi Persaingan Gus Iful-Anas, Khofifah-Dardak

Potensi Persaingan Gus Iful-Anas, Khofifah-Dardak

Faktanews.co.id.- (Surabaya)- Dipilihnya Emil Dardak untuk calon Wakil Gubernur (Cawagub) disandingkan Khofifah Indar Parawansa (Cagub) dinilai merupakan langkah strategis tepat guna bersaing dengan Cagub/Cawagub, Syaifullah Yusuf dan Azwar Anas dalam pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018.

Didua dua Pilgub Jatim sebelumnya, Khofifah mengggandeng calon Wagub berlatar belakang tentara dan polisi dan dua kali kalah dari pesaing yang sama Sukarwo yang bergandengan dengan Syaifulloh Yusuf (Gus Iful).

Namun kali ini peta politik berubah, Soekarwo (Pakde Karwo) akan mendukung lawan politik sebelumnya Khofifah kini berpasangan dengan Dardak yang dibawa kepada partai berlatar belakang politik sama dengan Sukarwo dari Partai Demokrat.

Ini menjadi sinyalemen betapa kompetisi merebut singgasana kursi politik nomor satu dan nomor dua (Cagub/Cawagub) berjalan ketat bagi kedua pasangan.

“Dipilihkannya Emil Dardak sebagai pendamping Khofifah adalah langkah yang tepat, Karena dua kali pemilu (Khofifah) salah pilih wakil terus,” kata Direktur lembaga Survey Regional (LeSuRe), M.Mufti Mubarok Rabu (22/11/2017).

Ketokohan Gus iful dan modal pengalaman mendampingi Pak de Karwo merebut suara serta popularitas sebagai Wakil Gubernur dua kali akan diuji dengan popularitas Khofifah yang juga berpengalaman dalam meraih suara utama perempuan dalam dua Pilgub serta popularitas sebagai bagian pemerintahan (Menteri Sosial) sebelumnya sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan.

Sementara di Calon Wakil Gubernur popularitas dan elektabitas Emil Dardak sebagai Bupati Trenggalek plus pengaruh polularitas dari istrinya yang artis (Arumi Bachsin) bersaing dalam popularitas kesuksesan Abdullah Azwar Anas dengan suara saat menang mutlak dua kali dalam Pilbup Kabupaten Banyuwangi dan dinilai sukses membawa Banyuwangi dalam kemajuan ekonomi dan wisata.

Azwar Anas yang diusung PDIP berbasis suara ditapal Kuda, sementara Emil Dardak mencerminkan Mataraman dengan basis pemilih partai Demokrat, PDIP,Golkar dan PAN saat maju Pilbup lalu. (li/ham).

Komentar

comments

Tagged with