PNS Kreatif Dan Berprestasi Akan Dapat Tambahan Tunjangan

Drs. H.Dwiyanto MM.

Drs. H. Dwi Yanto. MM.

Pangkat dan golongan sama tapi gaji berbeda, karena prestasi. 

Faktanews.co.id.(Banyuwangi)- 118 peserta terdiri kepala sekolah SMK, SMA juga kepala sekolah SMP serta pengawas pendidikan menengah mememadati aula dinas pendidikan Banyuwangi. Selama dua hari di mulai sejak 3 April kamis hingga 4 april 2014 mengikuti agenda sosialisasi cara penilaian prestasi kinerja PNS fungsional.

Dalam acara tersebut para Peserta mendapat penjelasan tentang cara penyusunan rencana kerja dan target yang akan dicapai oleh seorang PNS.

Seperti diketahui, Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah  Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil PNS. Tujuannya untuk meningkatkan prestasi dan kinerja PNS.  PP ini merupakan penyempurna dari PP Nomor 10 Tahun 1979 tentang Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan PNS yang dianggap tidak sesuai lagi dengan perkembangan keadaan dan kebutuhan hukum.

Pp.no 46 tentang penilaian prestasi kinerja PNS dengan petunjuk pelaksana berdasar Perka. Badan kepegawaian nasional no 1 tahun 2013.

PP ini mensyaratkan setiap PNS wajib menyusun SKP berdasarkan rencana kerja tahunan instansi. SKP itu memuat kegiatan tugas jabatan dan target yang harus dicapai dalam kurun waktu penilaian yang bersifat nyata dan dapat diukur.

Dalam PP itu juga disebutkan, bahwa PNS yang tidak menyusun SKP dijatuhi hukuman disiplin sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang mengatur mengenai disiplin PNS.

Penilaian prestasi kerja PNS ini dilaksanakan sekali dalam 1 (satu) tahun, yang dilakukan setiap akhir Desember pada tahun yang bersangkutan dan paling lama akhir Januari tahun berikutnya. Ketentuan mengenai peraturan penilaian PNS ini juga berlaku bagi Calon PNS (CPNS).

Prestasi kerja PNS akan dinilai berdasarkan 2 (dua) unsur penilaian : pertama sasaran Kerja Pegawai(SKP) diantaranya  kerja dan target yang akan dicapai oleh seorang PNS.

Kemudian Perilaku kerja, mencakup setiap tingkah laku, sikap atau tindakan yang dilakukan oleh PNS atau tidak melakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Namun penerintah berupaya menyeimbangkan kreativitas para PNS dengan menambah penghasilan/upah bagi PNS yang menjalan tugas dan prestasi yang raih.

Plt. Kepala dinas pendidikan Banyuwangi Dwi yanto melalui Kasubag. umum kepegawaian Diknas Banyuwangi H. Muchlis mengatakan kepada Hayatul Makin dari faktanews, saat ini pegawai negeri sipil dituntut lebih kreatif dan profesional dalam menjalan tugas dan fungsinya.

Gaji yang diterima oleh seorang PNS tidak saja ditentukan oleh waktu lama pengabdian, jabatan,golongan.

Namun sebaliknya prestasi dan kinerja PNS akan mempengaruhi upah atau gaji mereka “ sama – sama staf, golongan sama, lama pengabdian sama, bisa saja penghasilan berbeda, yang membedakan kinerja dan prestasi PNS,” katanya .(Makin/Fn)

Komentar

comments