Pesawat Korsel Cari Badan AirAsia QZ8501 Di 4 Perairan

Perkiraan Jatuhnya Pesawat Airasia QZ850111

Perkiraan Jatuhnya Pesawat Airasia QZ850111

Faktanews.co.id.- di perairan laut Jawa dan Selat Karimata, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah akan menjadi tempat penyisiran Pesawat P-3C Orion KN-01 milik militer Korea Selatan guna mencari badan pesawat AirAsia QZ8501
Pesawat tersebut lepas landas dari Pangkalan Utama TNI Angkatan Udara (Lanud) Halim Perdana kusuma Jumat pagi, 2 Januari 2015.

Sebelum berangkat, Kapten Pilot berkoordinasi dengan TNI Angkatan Udara dan tim Komisi Nasional dan Keselamatan Transportasi (KNKT).

Pesawat dikomandoi Kapten Pilot Song Yong Hoon berangkat dengan sepuluh kru dan satu penerbang dari TNI Angkatan Udara yang mendampingi.

Perwira penghubung, Mayor Penerbang Trinanda Hasan, yang ikut mendampingi, menuturkan bahwa bantuan Korea itu diperlukan khusus untuk melacak posisi badan pesawat AirAsia di dalam laut. Pesawat itu memiliki infrared untuk mencari keberadaan pesawat jenis Airbus yang jatuh di dasar laut.

“P3C Orion Korsel ini punya infrared (infra merah) yang bisa mendeteksi anomali di bawah air, mudah-mudahan bisa membantu mencari korban,” kata Trinanda.

Penerbangan pesawat Orion hari ini adalah keli kedua dalam misi SAR AirAsia. Kemarin, Kamis, 1 Januari 2014, mereka telah melakukan pencarian dengan penerbangan selama tujuh jam. Namun di hari pertama operasinya, mereka belum berhasil menemukan badan utama pesawat itu.

Sebelum pesawat Korea berangkat, TNI Angkatan Udara juga mengerahkan satu pesawat CN295 untuk melakukan pencarian AirAsia di lokasi.(vv/ed/fn)

Komentar

comments