Pernah Nyatakan Penuhi Syarat Formil Materiil. Bawaslu Hentikan Dugaan Money Politik

Pernah Nyatakan Penuhi Syarat Formil Materiil. Bawaslu Hentikan Dugaan Money Politik

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)- Waktu tunggu tak terbatas publik terkait perkembangan dan keseriusan penanganan proses hukum Tindak Pidana Pemilu dugaan money politik di Banyuwangi kembali hanya jadi pergunjingan.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) beragumen perlu berbagai syarat dalam laporan dan perlu berbagai proses untuk membuktikannya.

Setidaknya hal ini menyusul Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banyuwangi yang sebelumnya menyatakan memenuhi syarat bukti Formil dan Materiil laporan M. Helmi Rosyadi belakangan memastikan menghentikan penyidikan dugaan money politik yang sebelumnya (7/5/19).

Ketua Bawaslu Banyuwangi Hamim kepada faktanews.co.id. dan sejumlah media yang mencoba mengkonfirmasi dimaksud tidak memenuhi unsur seperti tulisan di tempel dipapan Bawaslu Banyuwangi.

Hamim menjelaskan panjang lebar alasan Bawaslu memutuskan tidak ada pelanggaran Pidana Pemilu terhadap Laporan tersebut.

“Helmi sebagai pelapor, tapi Helmi juga dilapori warga,”kata Ketua Bawaslu Banyuwangi Hamim diruang kerjanya, (8/5/19).

Seperti diketahui, Helmi melaporkan Caleg Partai Demokrat RA dilaporkan dengan sejumlah bukti amplop berisi uang dan warga penerima uang (saksi) belakangan laporan itu tidak memenuhi unsur pasal tindak pidana pemilu pasal 523 ayat 2.

Memang selama ini ‘Money politic’ (politik uang) dipahami masyarakat adalah sebuah proses didalam politik untuk mempengaruhi pemilih ataupun membeli suara rakyat pemilih yang mempunyai hak politik dengan imbalan memberikan sejumlah uang.

Dalam konteks laporan no 007/LP/PL/Kab/16.11/IV/2019 menurut Hamim, benar ada bukti uang tersebut ada bukti uang dan ada yang menerimanya tapi tidak bisa serta merta itu terjadi money politik.

“Ada bukti uangnya, tapi saksi menyebut tidak terima uang dari Caleg. saksi-saksi mengaku menerima uang tapi tidak ada ajakan untuk memilih caleg tertentu,”jelas Hamim diplomatis.

Lebih Jauh menurut Hamim didalam pemilu ada cost politik dan Money Politik. tolong bedakan antara Cost Politik dengan Money Politik, “ jawabnya.

“Apalagi yang dilaporkan bukan Caleg,” pungkasnya.(kin).

Komentar

comments