Peradi Merupakan Jajaran Organ Negara

Hadi Sutrisno SH. MH : PERADI Wadah Tunggal Advokat. Yang lain hanya implementasi Kebebasan Berserikat 

peradi4Faktanews.co.id.Banyuwangi– Ketua bidang organisasi dewan pimpinan nasional Dewan Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Hadi Sutrisno SH. MH. Mengatakan, dalam Undang – undang Advokat No. 18 tahun 2003 induk organisasi atau wadah tunggal organisasi advokat adalah PERADI.

Lebih jauh di jelaskan, tidak ada larangan advokat (pengacara) ikut didalam organisasi lain seperti menjadi pengurus atau anggota 8 organisasi advokat lain seperti IKADIN, AAI. PHI, SPI dll. Namun sesuai putusan Mahkamah Konstitusi No. 66.tahun 2010. Wadah tunggal dari profesi Advokat  di Indonesia adalah PERADI.” organisasi Advokat selain Peradi adalah implementasi dari kebebasan berserikat,” katanya.

Sebaliknya, Seorang advokat diperbolehkan pula tidak mengikuti organisasi lain namun langsung menjadi anggota PERADI bisa juga Advokat langsung ikut PERADI. Pada intinya advokat otomatis merupakan anggota PERADI

Karena, secara pasti dan keharusan ketika seseorang mengajukan ijin kepengacaraan, ataupun akan mengikuti sumpah selaku advokat semua harus mendapat rekomendasi dari PERADI.

Secara rinci ditegaskan, peradi sebagai satu-satunya wadah Advokat mempunyai kewenangan, melakukan ujian Profesi dan mengangkat Advokat, membentuk dewan kehormatan advokat, membuat kode etik, melakukan pengawasan serta membentuk dewan pengawasan Advokat.

Pada kelengkapan negara Advokat sebagai Yudikatif.  PERADI ada pada jajaran hukum organ negara. Namun kalau tugas polisi, jaksa, hakim mewakili negara. Sedangkan PERADI mewakili rakyat dan masyarakat.

Lebih jauh dijelaskan advokat dalam menjalankan tugas mempunyai kekebalan hukum.”saat menjalankan tugas sebagai profesi advokat mempunyai hak imunitas.

Terkait kebutuhan PERADI Banyuwangi yang di sampaikan Misnadi SH. ketua Peradi Banyuwangi, Hadi Sutrisno SH. MH mewakili Dpn PERADI berjanji akan membantu kelengkapan keberadaan sekretariat.

”Meubeler meja kursi dan yang lainnya nanti pasti kita bantu,” katanya. (Makin)

Komentar

comments

Tagged with