Penghapusan UN 2017, Hingga Pemerataan Kualitas Pendidikan

Mendikbud Muhajir EffendiFaktanews.co.id. (Jakarta) – Menteri Pendidikan dan Kebidayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, moratorium penghapusan UN 2017 dimungkinkan akan dilakukan seterusnya hingga adanya pemerataan pendidikan, Hal ini juga sejalan dengan konsep penerapan desentralisasi pendidikan.

“Tadi kan Presiden sudah menyampaikan. Jadi itu intinya desentralisasi. Jadi nanti Kemendikbud dan BNSP akan menetapkan standar nasionalnya. Kemudian sebagai pelaksana diserahkan kepada Provinsi untuk SMK dan SMA sederajat.

Sementara itu untuk SD dan SMP sederajat akan diserahkan kepada kabupaten/kota,” kata Muhadjir usai menghadiri acara Peringatan Hari Guru Nasional di Sentul, Bogor, Minggu (27/11/2016).

Namun demikian menurut Muhadjir, Sebelum pelakasaan desentralisasi, tentu saja pemerintah pusat melalui Kemendikbud akan menerapkan  standar secara umum yang nantinya akan dijadikan landasan kemudian dijabarkan lebih lanjut dalam penentuan kelulusan.

“Pusat akan menetapkan standar nasionalnya melalui Kemendikbud dan BNSP, badan nasional standard pendidikan,” jelas Muhadjir.

Muhadjir menambahkan penghapusan UN ini sesuai dengan putusan MA yang menganjurkan agar UN dilaksanakan pada saat kualitas pendidikan sudah merata.

“Sesuai amanat MA, bahwa UN itu sebaiknya dilaksanakan kalau nanti secara relatif pendidikan kita sudah bagus dan merata. Kita mengejar itu,” ungkap Muhadjir.Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menanggapi rencana tersebut. Presiden berencana menggelar rapat terbatas dalam waktu dekat. Hingga kemudian memberikan keputusan atas rencana tersebut

“Di tingkat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, memang sudah diputuskan agar UN itu didesentralisasi. Nanti akan kita rapatkan di minggu ini. Di rapat terbatas. Kemudian akan diputuskan,” kata Jokowi usai acara peringatan Hari Guru Nasional di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat pada Minggu (27/11/2016).

Sementara itu ditempat yang sama, Presiden Joko Widodo menanggapi keputusan rencana penghapusan UN 2017 tersebut menunggu gelar rapat terbatas pekan ini.

“Di tingkat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, memang sudah diputuskan agar UN itu didesentralisasi. Nanti akan kita rapatkan di minggu ini. Di rapat terbatas. Kemudian akan diputuskan,” kata Jokowi (tik/hay).

Komentar

comments