Pengamat Hukum Komentari Munculnya Bendera Belanda Di Festival Gandrung Sewu

Pengamat Hukum Komentari Munculnya Bendera Belanda Di Festival Gandrung Sewu

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)- Adanya bendera Belanda menghiasi Festival Gandrung Sewu 2018 dalam tema LAYAR KEMENDUNG Sabtu (20/9) Kemarin dikomentari salah satu pengacara muda Charisma Adilaga Sugiyanto S.H.,M.Kn.

Menurutnya penggunaan bendera suatu negara sudah diatur hukumnya seperti Peraturan pemerintah (PP) no 41 tahun 1958 tentang penggunaan bendera kebangsaan asing.

“di jelaskan dalam PP tersebut pasal 1 ayat 1b bahwa bendera kebangsaan asing boleh dipasang pada waktu kepala negara, wakil kepala negara, atau perdana menteri negara tersebut berkunjung ke Indonesia atau di tempat yang di datangi,”katanya.(22/9/2018).

Sehingga berkibarnya bendera negara lain bersanding dengan bendera Merah Putih sebagai Bendera Pusaka Indonesia bersama.

Lebih Jauh, menurut pengacara yang biasa dipanggil Rama ini penggunaan bendera kebangsaan asing itu di lakukan pada tempat tempat di mana diadakan kesempatan kesempatan tersebut.

“yang melanggar diancam dengan hukuman tiga bulan penjara,”jelasnya.

Rama tak memungkiri adanya kemungkinan salah tekhnis atau kurang cermatnya penanggung jawab acara sehingga muncul bendera Belanda dalam tema Gandrung Sewu 2018 tersebut.

“karena festival Gandrung sewu juga bagian dari seni budaya, Saya kira DKB (Dewan Kesenian Banyuwangi) ikut mengevaluasi hal itu agar tidak terjadi dikemudian hari,”pungkasnya.

Seperti diketahui, Gandrung yang merupakan destinasi budaya Banyuwangi yang dipadukan dengan kuntulan menjadikan Antusiasme masyarakat dan wisatawan domestik dan mancanegara rela merasakan panasnya terik matahari pantai boom siang itu

Dalam Agenda tahunan Kabupaten Banyuwangi selain di hadiri Bupati Banyuwangi juga dihadiri sebagai tamu undangan Menteri Pariwisata arif yahya dan tamu undangan lainnya.

Dalam tema cerita terdapat bendera Belanda terkait tema mengangkat sejarah perjuangan Mas alit melawan penjajahan VOC.

“Apresiasi saya kepada pelaku seniman dan pemerintah daerah telah kreatif mengolah festival budaya ini sehingga bisa diterima semua pihak, kolaborasi yang apik semakin membuat kita bangga terhadap Banyuwangi,”kata Menteri Pariwisata RI. Arief Yahya.(wa/nov/kin).

Komentar

comments

Tagged with