Penalti Kontroversial. Iringi Kemenangan Brasil 3-1 Atas Kroasia

“Jika ini berlanjut maka akan ada 100 penalti tercipta. Saya pikir 2,5 miliar orang yang menonton di TV lihat kalau itu bukan penalti,” ujar pelatih Kroasia,

wasit memihak Faktanews.co.id.Sport- Yuichi Nichimura, Wasit asal Jepang membuat keputusan kontroversialnya pada laga pembuka Piala Dunia 2014. 13/6) dini hari 

Bertanding di Arena Corinthians Menit 65 skor Brasil melawan Kroasia masih imbang 1-1. Kroasia unggul lebih dulu setelah bek Brasil, Marcelo, melakukan gol bunuh diri.

Brasil mampu menyamakan kedudukan sebelum babak pertama berakhir lewat aksi Neymar.

Namun memasuk menit ke-66, Wasit terbaik versi AFC asal Jepang pada 2012 ini tersebut menunjuk titik putih. Dejan Lovren dianggap menjatuhkan striker Brasil Fred. Dan berbuah penalti yaqng sukses di jalankan neymar untuk mengubah skor 2-1 untuk Brasil.

“Jika ini cara kami memulai Piala Dunia, kami lebih baik menyerah sekarang dan pulang. Kami bicara soal respek, itu bukanlah respek, Kroasia tak mendapatkan respek lagi,” cetus Kovac seperti dilansir BBC.

Dari tayangan ulang, perebutan bola ataupun benturan antara kedua pemain memang sangat tipis dan terlihat bukan sebuah pelanggaran yang pantas di hukum penalti.

“Ini menggelikan dan seperti sirkus. Saya tak menyalahkan Fred, saya menyalahkan wasit. Wasit membedakan antara kami dan Brasil. Sebuah kepemimpinan yang memalukan di Piala Dunia!” kecam eks pemain Timnas Kroasia tersebut.

“Jika ini berlanjut maka akan ada 100 penalti tercipta. Saya pikir 2,5 miliar orang yang menonton di TV lihat kalau itu bukan penalti,” ujar pelatih Kroasia, Niko Kovac, kepada HTV.

Sang pemain Kroasia Lovren yang dianggap wasit melakukan pelanggaran menilai melawan brasil mereka harus hadapi 12 pemain.

“Saya sangat sedih, saya ingin menangis. Semua melihatnya, ini skandal buat FIFA. Mereka selalu berbicara soal respek. Lalu apa yang terjadi? Lebih baik piala langsung diberikan pada Brasil,” kecam Lovren, dilansir L’Equipe.

Pertandingan brasil melawan kroasia berakhir skor 3-1 untuk brasil setelah Oscar menciptakan gol indah pada menit ke-91 memanfaatkan serangan balik.(Fn)

Komentar

comments

Tagged with