Pemakai Narkoba Punya Kartu IPWL Tak Bisa Ditangkap Polisi

Komposer Farid RM

Komposer Farid RM Direhabilitasi Narkoba

Faktanews.co.id. (PADANG)-Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengatakan, kepolisian tidak boleh menangkap pemakai narkoba yang sudah mempunyai kartu instutusi penerima wajib lapor (Ipwl), karena pemegang kartu ini merupakan pengguna narkoba yang sedang direhabilitas baik secara medis ataupun sosial.

“Kalau pengguna narkoba, pegang kartu ini (IPWL), tidak bisa ditangkap. Karena sedang ikut rehab sosial. Beda urusannya jika (pegang kartu IPWL) dia pengedar narkoba,” kata dia di Padang, Sumatra Barat (Sumbar), Ahad (19/4).

Menurutnya, dari 119 ribu panti dan lembaga sosial yang sudah di akreditasi kemensos untuk mengeluarkan kartu IPWL tersebut, dan 10.800 di antaranya sudah bisa merehabilitasi orang ketergantungan narkoba.

“Kita insya Allah pada posisi bisa merehab korban penyalahgunaan narkoba, 10.800-an dari 100 ribu yang di-launching oleh presiden. Sisanya kemungkinan BNN (Badan Narkotika Nasional) dan lembaga lain. Lalu akreditasi seluruh panti rehabsos itu di dalam komando Kemensos. Semua yang sudah terakreditasi boleh mengeluarkan kartu tadi,” jelas.(Rp/ed/fn)

Komentar

comments

Tagged with