Pelaku Penistaan Agama Islam dan Menghina Nabi Muhammad Diancam Pasal Berlapis

bagus panjiFaktanews.co.id. (Banyuwangi)- Sidang penistaan agama dan nabi Muhammad SAW diwarnai geer ketika salah satu pelapor Denny Sun’anudin memberi kesaksian.

“saya sangat marah dan tersinggung kepada pelaku (Bagus Panji) yang menghina Nabi Muhammad dan agama Islam, namun saya juga kasihan kalau dia nantinya dihakimi banyak orang atau ummat Islam yang sangat tersinggung terhadap statusnya di Facebook (FB),” kata Denny, dalam kesaksian didepan majelis Hakim Di Pengadilan Negeri BanyuwangiRabo (7/9).

Sidang yang menempatkan Bagus Panji sebagai terdakwa penistaan agama Islam dan Nabi Muhammad, dipimpin majelis hakim Sigit Triyono, SH. Mhk.

Bagus warga Benelan Lor, Kecamatan Kabat, tersebut menyerahkan diri setelah dilaporkan oleh beberapa ormas Islam Di Banyuwangi, PCNU, MUI Banyuwangi. Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Banyuwangi.

Di sela pemeriksaan sebelumnya di  kepolisian Polres Banyuwangi,  Bagus merasa menyesal dan meminta maaf atas tulisannya di Facebook. dia mengaku mengunggah tulisan itu di Facebook lantaran emosi tidak terkendali tanpa niat untuk melecehkan Islam dan Nabi Muhammad.

Bagus dalam FB menilai bulan ajaran puasa dibulan Rhomadlon telah mengurangi kesempatan waktu mencari rezeki karena masyarakat berpuasa dst. “saya lihat FB dan setelah koordinasi dia saya laporkan dipolres,” kata salah satu saksi pelapor yang juga pengurus NU Banyuwangi, Misnadi SH. (7/9).

Selain Deny dan Misnadi sidang juga menghadirkan saksi lain, Noviansah Sumbawanto.  Sementara itu, Jaksa penuntut Umum menjerat Bagus Panji, dengan pasal berlapis seperti pasal 45 jo pasal 27, serta pasal 28 UU No. 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik (ITE). pasal 156a tentang penistaan agama.

“sidang kita lanjutkan pekan depan,” kata Majelis Hakim Sigit Triyono.(Makin).

Komentar

comments

Tagged with