Pasien PDP Corona Banyuwangi Bertambah Dari Warga Setelah Pulang Dari Luar Daerah

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)–Data harian Coronavirus Disease (Covid-19) Dinas Kesehatan Banyuwangi pada Senin (6/4/2020) menyebut terdapat total ada lima PDP di Banyuwangi, Hingga Senin (6/4/2020).

 

Dari jumlah itu terdapat penambahan dua kasus pasien dalam pemantauan (PDP) Corona masing-masing berasal dari Kecamatan Banyuwangi dan Kecamatan Wongsorejo. Hingga Senin (6/4/2020) total ada empat PDP di Banyuwangi.

Sebelumnya, dua orang asal Kecamatan Cluring dan Kecamatan Genteng juga dinyatakan PDP Corona.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono (Rio), menyatakan, dari jumlah tambahan kasus PDP memiliki faktor resiko tertular dari luar Banyuwangi.

“PDP 02 tertular saat mengikuti kegiatan di Surabaya, PDP 03 tertular setelah datang dari Jember. Sedang PDP 04 terpapar usai dari Malang, sedang PDP 05 kontak erat dengan ayahnya yang baru pulang dari Bali,” jelas dr Rio.

Untuk kasus PDP 04 sebelumnya diketahui tidak termasuk data orang dalam pemantauan (ODP), warga Kecamatan Banyuwangi yang memiliki riwayat perjalanan ke Malang setelah mengunjungi anaknya.

“Awal pulang mengalami batuk, demam hilang timbul, diduga kontak erat dengan OTG (orang tanpa gejala) Covid-19,”terangnya.

Kepala Seksi Surveilans Imunidasi, Hadi Sutoyo menjelaskan, PDP 04 sebelumnya datang dari Malang 3 April 2020 dan memeriksakan diri di RS Fatimah Banyuwangi.

“Setelah dilakukan rapid test hasilnya reaktif Covid-19 dan langung ditempatkan di ruang isolasi RS Fatimah,” jelasnya.

Sebagai tindak lanjut penanganannya, petugas medis telah melakukan tes Swab dan pada Senin (6/4/2020) telah dikirim ke Surabaya.(def/kin).

Komentar

comments