Oncor Geni Sambut Tahun Baru Islam

Obor Geni

                 Obor Geni (oncor)

Faktanews.co.id.(Banyuwangi)- Berbagi cara dilakukan masyarakat untuk mempringati pergantian tahun baru Islam atau tahun baru Hijriah 1437 yang jatuh pada bertepatan 13 oktober 2015.

Di daerah Bengkak, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi mengadakan pawai “oncor geni”diadakan oleh segala elemen masyarakat mulai remaja hingga anak” mengunakan busana muslim lengkap dengan  kopiyah (songkok).

Sembari membawa oncor yang terbuat dari bambu kuning agar tahan terhadap api. Selain itu menurut Achmad Ridwan salah seorang peserta mengungkapkan oncor geni memiliki filosofi tersendiri yang mengunakan bambu kuning yang di percaya memiliki nilai historis. “Bambu kuning untuk menolak bala dari pengaruh dimensi gaib agar lingkungan sekitar terhindar dari bencana,” katanya

Selain itu simbol api yang artinya sebagai pencerahan jiwa dan sebagai membakar semangat nilai nilai islam yang di maksud islam sebagai agama yang menerangi dari gelapnya dunia.

Dalam pawai ini seluruh peserta yang ikut sambil mengitari kampung dan membawa oncor membaca kalimat toyibah seperti istiqfar dan sholawat yang sebelum di mulai acara oncor geni seluruh peserta melakukan tadarsan di masjid.(makin).

Komentar

comments