NU Serukan Tarawih dan Idul Fitri Patuhi Social distancing dan physical distancing 

Faktanews.co.id.– Menyusul pandemi corona (Covid-19) yang tak berujungnya hingga kini, Kebijakan pemerintah menyerukan untuk melakukan pembatasan aktivitas di luar rumah termasuk pelaksanaan ibadah.

Dibulan Ramadan 2020, pelaksanaan sholat tarawih yang biasanya dilaksanakan berjamaah di masjid dianjurkan dilaksanakan di rumah karena Covid-19.

Dikutip laman NU Online, sholat tarawih dapat dilakukan sendiri atau di rumah apabila memenuhi beberapa kriteria seperti usia sudah uzur, hujan yang dapat membasahi pakaian, datangnya salju, cuaca dingin, sakit berat, hingga kekhawatiran atas gangguan keselamatan jiwanya.

Sementara itu, PBNU mengeluarkan seruan karena Covid-19 untuk tidak melaksanakan sholat tarawih di masjid. Walau begitu, pelaksanaan sholat tarawih masih bisa dilakukan di rumah.

Begitu pula dalam surat edaran bernomor dalam surat no 3953/C.I.034.04.3030 tertanggal 3 April 2020 atau 9 Sya’ban 1441 H yang ditandatangani Ketua Umum PBNU KH Said Aqil, Sekjen PBNU Helmy Faishal, Pejabat Rais Aam KH Miftachul Akhyar, dan Katib Aam KH Yahya Cholil juga seruan Sholat Idul Fitri agar dilakukan di rumah.

“Silaturahmi dalam Idul Fitri tetap diperkuat dengan mengacu pada kebijakan pembatasan social distancing dan physical distancing,” kata Said Aqil dalam keterangannya, Minggu (3/4).

Bagi umat Islam, Sholat tarawih memiliki keutamaan tersendiri sebagai bagian dari bulan Ramadhan, seperti yang disampaikan Rasulullah SAW dalam suatu haditsnya.

“Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni dosa yang telah lampau.” (HR. Bukhari, Muslim).

Dikutip dari berbagai sumber, Anda yang akan menjalankan sholat tarawih sendiri di rumah, menjelang takbiratul ihram silahkan melafalkan niat ini.

Ushallu Sunnatat tarawihi ra’atayni mustaqbilal qiblati ada’an lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat shalat sunnah tarawih dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.

Ini dia tata cara sholat tarawih di rumah, lengkap dengan bacaannya.

Berikut ini tata cara sholat tarawih secara keseluruhan yang dilakukan sendiri di rumah yang kami lansir dari berbagai sumber.

1. Mengucap niat Sholat Tarawih.
2. Niat di dalam hati saat takbiratul ihram.
3. Mengucap takbir saat takbiratul ihram sambil niat di dalam hati.
4. Membaca ta’awuz dan surah Al-Fatihah, kemudian diikuti salah satu surah dalam Al- Quran.
5. Rukuk.
6. I’tidal.
7. Sujud pertama.
8. Duduk diantara dua sujud.
9. Bangkit dari duduk, kemudian mengerjakan rakaat yang kedua dengan gerakan yang sama.
10. Salam pada rakaat kedua.
11. Istighfar dan membaca kamalin.

Setelah sholat tarawih, dilanjutkan shalat witir 3 rakaat diikuti 1 salam.

Niat shalat witir.

Ushalli sunnatal witri tsalaasa roka’aatain mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat shalat witir tiga rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala,”. (*hay).

Komentar

comments