Meski Tak Gratis, Sekolah Hanya Boleh Menarik SPP

Faktanews.co.id.- Untuk kejelasan batas-batas atau standar sumbangan pendanaan pendidikan (SPP) SMA dan SMK Negeri, yang diperbolehkan dalam waktu dekat Pemprov Jawa Timur akan menaikkan status Surat Edaran (SE) Gubernur tentang SPP menjadi peraturan gubernur (Pergub).

Pergub tersebut mengatur mengenai besaran SPP SMA/SMK di masing-masing kabupaten/kota, hal itu akan dibagikan melalui cabang dinas pendidikan di kabupaten/kota untuk disebarkan pada masing-masing SMA/SMK.

Meski tak lagi gratis, namun konsep pendidikan murah Kebaradaan Pergub SPP ini, sekolah dilarang menarik biaya tambahan kepada para siswa atau wali murid

“Pendidikan sekarang itu tidak harus gratis, tapi murah dan bermutu ,” terang Gubernur Jatim, Soekarwo, Rabu (15/3).sambungnya
Menurutnya i.

Gubernur Jatim Soekarwo menyatakan pada dasarnya setuju dengan usulan bantuan keuangan dari Pemkot yang masuk ke APBD provinsi. Namun syaratnya apapun usulan dan kebijakan harus berdasar pada regulasi. setidaknya mendapatkan izin dan petunjuk dari Kemendagri.

“Ada usulan dari DPRD Jatim masalah itu. Saya senang dan sependapat sehingga langsung perintahkan Biro Hukum menyiapkannya,” kata Soekarwo mengenai Pergub tentang SPP

Sementara itu Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Jawa Timur Saiful Rahman dengan tegas melarang pihak sekolah, yakni SMA/SMK yang ada di wilayahnya untuk kembali menarik berbagai biaya di luar Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP).

“Tidak boleh, sudah tidak diperbolehkan meminta sumbangan rehabilitasi gedung, daftar ulang dan biaya-biaya lain di luar SPP,” terang Saiful kepada wartawan di Surabaya, Selasa (10/01).

Lebih jauh Saiful menjelaskan apabila tidak cukup dengan standar SPP yang tercantum pergub maka pihak sekolah boleh menarik besaran SPP lebih besar namun harus tetap ada batas maksimal penarikan. “Misalnya Surabaya tercantum SPP besarannya Rp 135 ribu untuk SMA. Paling tidak nanti kalau naik, ya kisarannya sama dengan Bopda Rp 152 ribu,” katanya. (li/ham)

Komentar

comments