Menyorot Kebijakan Bank Jatim Soal Dana Rekanan Langsung Dimasukkan Rekening Penyedia Aspal

Menyorot Kebijakan Bank Jatim Soal Dana Rekanan Langsung Dimasukkan Rekening Penyedia Aspal

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)- Kebijakan Bank Jatim Banyuwangi yang mensyarakatkan rekanan menandatangani menyetujui dana kelayakan akan dicairkan langsung ke rekening pabrik pendukung penyedia aspal Hotmix menjadi kontroversi.

Dalam hal ini rekanan yang mengajukan kelayakan diharuskan terlebih dahulu melengkapi draf atau kelengkapan yang isinya permohonan pelimpahan anggaran dari rekanan kepada pihak pabrik sesuai yang diminta pihak bank Bank Jatim

Apalagi besaran yang harus masuk awal kerekening pabrik aspal mencapai 60 persen dari nilai kontrak.

Tak ayal ini dinilai menyimpan dugaan konspirasi antara Bank dan pabrik penyedia Aspal tersebut.

“Ini seperti konspirasi, Jika bank ikut-ikut mengatur keuangan internal rekanan lebih baik bank dan pabrik yang mengerjakan proyeknya,” kata salah satu rekanan PA Selasa, (22/5).

Sementara itu Rekanan lain Yu, juga mengeluh dengan kebijakan Bank mensyaratkan rekanan harus menyetujui pencairan dana kelayakan sebesar 60 persen langsung dilimpahkan ke pabrik aspal terkesan perusahaan rekanan hanya dijadikan sarana untuk alih tanggung jawab.

“Kita perusahaan yang menang tender, kita yang kontrak, kita yang bertanggung jawab, tapi Bank Jatim mengatur dan intervensi internal perusahaan rekanan,”keluhnya.

Belum ada kejelelasan apakah surat yang ditanda tangani rekanan itu merupakan kebijakan atau sekedar himbauan, hal ini belum ada klarifikasi dari pihak di Bank Jatim Banyuwangi.

“Nanti saya sampaikan, isi buku tamu saja dulu, pimpinan masih istirahat dan keluar kantor,”kata satpam Bank Jatim. (kin*).

Komentar

comments

Tagged with