Mengaku Punya Kerabat Di MA. Penipu CPNS Raup 1,3 M

Mengaku Punya Kerabat Di MA. Penipu CPNS Raup 1,3 M

Faktanews.co.id– (Banyuwangi)- Polisi mengungkap kasus penipuan penerimaan CPNS (calon pegawai negeri sipil) pelaku bernama Eko Setyo Pribadi, (41), warga Jl. Ikan Lemuru I 43, Kelurahan Tukangkayu, Banyuwangi.

Total yang didapatkan pelaku mencapai Rp 1,3 miliar dari sekitar 13 korban dengan jumlah yang diserahkan masing-masing korban bervariasi dari Rp 75 juta hingga ratusan juta per orang.

Uang hasil penipuan digunakan untuk membeli kendaraan dan rumah.

Kasus ini terungkap dari laporan korban. setidaknya ada empat korban yang melapor ke Polsek Banyuwangi. Yakni Mu’inah, Deny Sri Rahayu, Istin Sunarmi, dan Hendrarti Suweni.

Korban awalnya percaya sudah menyerahkan sejumlah uang untuk dijanjikan jadi CPNS di lingkungan pengadilan agama karena pelaku mengaku memiliki kerabat di Pengadilan Agama.

Sejumlah barang bukti seperti selembar kuitansi penerimaan uang masuk CPNS dari Mu’inah senilai Rp 20 juta, 2 lembar kwitansi penerimaan uang masuk dari Hj. Deny Sri Rahayu senilai Rp 52 juta, satu unit mobil Fartuner warna silver dengan nopol DK 7 BL, satu unit Yamaha Aerox warna kuning hitam, satu unit motor Yamaha R25 warna biru dan satu unit rumah yang ditempati tersangka.

Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman bersama Kasatreskrim Akp Sodik Effendi Periksa dalam Jumpa Pers, (19/3)

Pilisi saat ini sudah melakukan penahanan badan kepada Tersangka Eko Prasetyo.

Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman mengatakan, pelaku menjalankan aksinya pada tahun 2014 lalu sementara korban baru melaporkan kejadian ini pada tahun 2018.

“Pelaku selama ini masih menjanjikan akan mengembalikan uang yang sudah diserahkan oleh korban,” jelas didampingi Kapolsek Banyuwangi AKP Ali Masduki, Senin (19/3/18).

Tersangka dijerat dengan pasal 378 dan atau 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman penjara hingga 5 tahun. (ben/kin).

Komentar

comments

Tagged with