Lemahbang Kulon Dan Syekh Siti Jenar

Lemahbang Kulon Dan Syekh Siti Jenar

Faktanews.co.id.(Banyuwangi )- Hanya sedikit kalangan masyarakat mengetahui didesa Lemahbang kulon, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi terdapat situs yang diyakini makam Syekh Siti Jenar.

Waliyulloh yang dikenal di ceritakan kontroversial dalam dakwahnya dan bertentangan dengan kelompok Wali Songo, pernah tinggal dua bulan menyebarkan Islam ke Kerajaan Blambangan.

Situs Syekh Siti Jenar yang dikenal dengan nama situs Laksono juga terdapat beberapa kuburan kuno.

“Bukan makam Syekh Siti Jenar, tapi pembantunya,” kata juru kunci Lastono Siti Jenar, Turin.

Menurut Turin, Syekh Siti Jenar bernama kecil Abdul Jalil atau Ali Hasani lahir dipersia Iran pada 829 H/1426 M datang ke Blambangan sekitar abad ke-15 awalnya untuk mengobati rakyat di Kerajaan Blambangan saat itu sedang dilanda penyakit pagebluk.

“Penyakit pagebluk berlangsung cukup lama,” terangnya.

Untuk mengobati penyakit pagebluk, Syekh Siti Jenar sempat mengambil darahnya dari bagian tubuhnya. dan darah itu ditanam ke tanah yang ada di di Desa Lemahbang Kulon ini.

“Dari cerita yang disampaikan orang tua, Syekh Siti Jenar mampu men-gobati penyakit pagebluk itu,” ungkapnya.

Selama berada di Bumi Blam bangan, wali kelahiran Persia (Iran), pada 829 H/1348 C/1426 M, ini juga menyebarkan agama Islam pada masyarakat. Bahkan, kegiatan dakwah ini dilakukan hampir dua bulan lamanya.

“Syekh Siti Jenar tinggal di Blambangan ini selama dua bulan namun pengikutnya sudah cukup banyak. Para pengikutnya ini, tidak jarang diajak mengaji bersama di daerah Desa Lemahbang Kulon ini,” bebernya.

Nama Desa Lemahbang menurut Turin, juga berkaitan nama Sang Ulama itu.

“Yang memberi nama Desa Lemahbang ya Syekh Siti Jenarm Nama Siti artinya lemah atau tanah. Jenar, artinya abang atau merah,”katanya.

Turin mengungkapkan, meski Situs tidak begitu dikenal Masyarakat Banyuwangi, namun orang dari berbagai daerah di Indonesia sempat datang untuk Ziarah.

“Dari Lombok, Jogja (Jogjakarta), Kalimantan dan orang daerah lain bahkan ada dari luar negeri seperti Singapura datang kesini,”katanya.(kin).

Komentar

comments

Tagged with