Rindu Ummat Terpenuhi: Lebaran Bersama NU-Muhammadiyah

menagFaktanews.co.id. Jakarta – Kerinduan masyarakat Indonesia khususnya Umat Islam untuk berlebaran idul fitri bersama terpenuhi, menteri agama sudah memastikan ada persamaan pandangan jatuhnya idul fitri 1 Syawal 1435 H.

Meski Awal Ramadhan Berbeda, Idul Fitri 1 Syawal 1435 H. Dua organisasi islam terbesar Indonesia, menentukan Idul Fitri punya presepsi sama yaitu senen 28 Juli 2014.

Ketinggian hilal pada awal bulan Syawal di atas batas yang ditentukan. berdasarkan penghitungan hisab posisi hilal di atas 2 derajat.

Dalam sidang isbat (27/7/2014) Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin memastikan Idul Fitri 1435 H. tidak ada perbedaan antara pemerintah dengan ormas Islam khususnya Muhamadiyah. (27/7/2014)

Lukman menjelaskan, selama ini perbedaan penetapan tanggal 1 Syawal atau hari Idul Fitri disebabkan perbedaan cara pandang dalam menentukan batas minimum hilal dapat dilihat (rukyat).

hilal dapat dirukyat jika di atas 2 derajat. Jika dalam metode hisab hilal kemungkinan di posisi di atas 2 derajat, maka ini disebut imkanur rukyat.

“Nah sekarang ini, menurut hisab, posisi hilal kemungkinan nanti sudah di atas 2 derajat,” jelas Lukman.(Fn)

Komentar

comments