Lahirkan Pengacara Profesional, Ujian Advokat Peradi Banyuwangi Dijaga Ketat

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)– 32 orang calon Advokat dari Perhimpunan Advokat Indonesia Cabang Banyuwangi mengikuti Ujian Profesi Advokat (UPA)
di Hall Seblang, Hotel Aston Banyuwangi,(22/02/2020).

Para calon Advokat atau biasa disebut pengacara itu harus mengikuti ujian dengan durasi waktu yang sudah ditentukan panitia penyelenggara.

Pantauan Faktanews.co.id. dalam keikutsertaan ujian, calon Advokat harus mengikuti ujian dari pukul 08.00 hingga pukul 13.00 terbagi dalam dua sesi.

Pengawasan selain dilakukan internal Peradi Banyuwangi dan Pusat, di ruang ujian tampak beberapa pihak eksternal yang memang di distribusikan untuk pengawasan agar berjalan netral dan Proposional.

Ketua Peradi Banyuwangi, Misnadi SH MH mengatakan, Ujian Profesi Advokat (UPA) momen penting agar kedepan advokat atau pengacara yang lulus benar-benar dari hasil penyaringan ketat.

Lebih jauh menurut Misnadi, jumlah kelulusan dalam ujian ini bisa menambah jumlah Pengacara yang berkompeten dalam tugas profesional ikut menegakkan hukum.

“Ada tenaga khusus baik dari lokal (Banyuwangi) bahkan dari Peradi Pusat memantau dan mengawasi, ada dua sesi, pukul 13.00 semua harus rampung,” katanya.

Sekretaris Peradi Banyuwangi Eko Sutrisno SH. mengatakan, para peserta ujian juga diwajibkan mengerjakan materi yang sudah disiapkan Panitia Nasional.

“Sesi pertama mengerjakan soal dalam pilihan ganda sesi kedua membuat essai, seperti membuat gugatan, surat kuasa, pembelaan dll,”ungkapnya.

Dalam catatan faktanews.co.id. dari beberapa kali penyelenggaraan pendidikan khusus Advokat peradi Banyuwangi (PKPA) ujian yang di-selenggarakan Peradi Banyuwangi merupakan yang ke dua.

“Secara nasional ujian serentak kita (Peradi), ini yang ke-21, untuk Banyuwangi ujian yang ke-dua,” kata Teddy Sumantry SH yang tercatat sebagai salah satu pengurus Peradi Nasional yang ikut dalam pengawasan ujian hari ini,(22/2/2020).

Dalam wawancara eksklusif dengan wartawan,Teddy berharap dengan adanya ujian Advokat (pengacara) memunculkan advokat-advokat profesional dalam layanan kepada masyarakat.

“Advokat harus benar-benar melayani, hak klien pencari keadilan merupakan tugas utama advokat, selain itu advokat harus ikut menegakkan hukum.(kin).

Komentar

comments

Tagged with