Lagi-Lagi Sekeluarga Meninggal Usai Makan Ikan Buntal

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)– Tiga orang masing-masing Suami istri Muhlis Hartono (65), Dewi Ambarwati (50) dan Siti Habsah (80) mertua dari salah satunya akhirnya dimakam ditempat pemakaman Umum (TPU) Selasa (10/3/2020).

Muhlis dan istrinya, Dewi, dimakamkan di TPU Desa Alas Buluh, Sedangkan nenek Siti Habsah dikebumikan di Kelurahan Bakungan, Kecamatan Glagah setalah diambil keluarga besarnya.

Kematian Muhlis dan istrinya meninggalkan seorang bayi lima tahun  sebagai yatim piatu karena seluruh keluarganya meninggal dunia selepas keracunan ikan buntal tersebut.

Satu keluarga warga Dusun Karjan II, Desa Alasbuluh, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur itu di ketahui meregang nyawa gara-gara menyantap ikan buntal yang dikenal ikan beracun.

Ikan buntal itu diperoleh Muhlis dari memancing dan dibawa ke rumah untuk dimasak santan dan disantap bersama istri dan mertuanya.

Salah satu warga Sudariyono mendengar korban sekeluarga sekitar pukul 09.00 WIB muntah muntah.

“Dia katanya mengeluh pusing, suruh istirahat, dia mendadak muntah – muntah,”katanya

Menurutnya Saiful tetangga sekitar korban, ikan buntal itu dimasak kuah santan.

“Kemarin masak ikan buntal hasil pancingan dan sudah dimakan. Siang tadi dipanasi dan makan hati serta telurnya mungkin ini yang membuat mereka keracunan,” urainya.

Sebelum meninggal ketiganya sempat dibawa ke Puskesmas Wongsorejo.

“Hanya sebentar kemudian ada kabar Muhlis meninggal dunia, kemudian istri dan mertuanya dikabarkan juga menyusul meninggal,” katanya, Selasa (10/3/2020).

Dari kejadian itu dikabarkan aparat kepolisian mengamankan sisa ikan buntal yang dimasak kuah santan. Barang bukti itu dibawa untuk dilakukan uji laboratorium.

Dikutip Bolastylo. ikan buntal yang tergolong jenis ikan punya rasa lezat ikan buntal namun merupakan salah satu ikan paling beracun di dunia.

Ikan yang berasal dari ordo Tetraodontiformes ini memiliki racun tetrodotoxin yang disebut lebih mematikan dari racun sianida.

Tetrodotoxin merupakan racun syaraf yang membuat semua otot orang yang mengkonsumsinya lumpuh.

Korban kemudian tak bisa bernafas karena lumpuhnya jaringan paru-paru sehingga akan meninggal karena kehabisan nafas.

Racun tetrodotoxin terdapat pada hati, kantung telur, mata, dan kulit ikan tersebut.

Dalam catatan faktanews.co.id. dikutip dari Bolastylo, pada Rabu (6/2/2019) lalu

Empat orang di Maron, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timurdiduga karena keracunan ikan buntal, saat bersantap buka puasa sunah dirumahnya

Setelahnya mereka mereka pusing, mual, dan tenggorokan mereka terasa hangat.

Dua di antara empat orang itu pasangan suami-istri, Baidowi dan Suhaina akhirnya meninggal setelah dibawa ke rumah sakit.

Sedangkan kedua anaknya, Mahfud dan M Habibulloh, harus mendapat perawat intensif di RSUD Waluyo Jati Kraksaan.(bol/kin).

Komentar

comments

Tagged with