Kumpulkan Dana Pungli Sertifikasi Guru, Dua Kasek Pengurus PGRI Ditangkap

Kumpulkan Dana Pungli Sertifikasi Guru, Dua Kasek Pengurus PGRI Ditangkap

Faktanews.co.id.– Dua Kepala Sekolah (Kasek) terduga pungli dan Dua orang terduga lainnya di Kantor Dispendikbud Korwil Asembagus, Kabupaten Situbondo, diamankan operasi tangkap tangan (OTT) Tim Saber Pungli Polres Situbondo, Jawa Timur, (4/12/2019).

Operasi tangkap tangan (OTT) sekitar pukul 8 pagi itu terkait pungli terhadap guru yang mendapat tunjangan sertifikasi guru Dispendikbud Korwil Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo.

Dua oknum kasek DS berusia 56 tahun dan AB berusia 50 tahun itu, menerima dan mengumpulkan dana pungli serta merekap dana pungli.

Keduanya diamankan saat berada dalam ruangan aula kantor dinas tersebut bersama dengan sekitar 30 orang lainnya yang diduga sebagai penyetor pungli.

Diketahui, dalam catatan rekapan keduanya penyetoran pungli dari sejumlah kasek yang bersumber dari titipan masing-masing guru menyetor senilai 150 ribu rupiah.

OTT itu merupakan koordinasi dengan salah satu ormas setempat menyusul kasus ini sudah lama terjadi di wilayah kabupaten Situbondo.

Lima bulan mencermati kejadian dan tiga hari Tim senyap Saber Pungli Polres lebih melakukan koordinasi dan  ditentukan hari ini penangkapan.

Mulai hari Senin intens koordinasi penarikan pungli Rabo dilakukan penangkapan dan langsung dilakukan pemeriksaan di Polres Situbondo.

Dari penangkapan itu, informasinya terdapat bukti tangkapan berkisar 21,8 juta rupiah dari 2 oknum Kasek pengurus PGRI Situbondo yang salah satunya sebagai bendahara

Dilansir Wartawan, Kasubag Humas Polres Situbondo, Iptu Nuri mengatakan, dari OTT masih dilakukan pemeriksaan di unit Tipikir Polres Situbondo.

“Dugaan pungutan atas para guru penerima sertifikasi berkisar 21 juta rupiah lebih diamankan, masih proses pemeriksaan, nanti kita akan sampaikan secara terbuka,” jelasnya.(*Si/kin)

Komentar

comments

Tagged with