Komisioner KPU Di Tangkap Terkait Suap 400 Juta Minta PAW Anggota DPR PDIP

Komisioner KPU Di Tangkap Terkait Suap 400 Juta Minta PAW Anggota DPR PDIP

Faktanews.co.id.–Selain Wahyu Setiawan, KPK juga menangkap caleg PDIP Harun Masiku dan dua orang lainnya berinisial D dan S.

Wahyu ditangkap ketika akan terbang dengan pesawat ke Bangka Belitung diduga menerima dana 400 juta melalui D dan S.

Seorang sumber mengatakan suap ini terkait dengan posisi pergantian antar waktu (PAW) di DPR RI yang diharapkan bisa diduduki Harun sehingga dia melobi Wahyu melalui D dan S.

“Uang sekitar 400 juta penerima WS (Wahyu Setiawan) lewat D dan S”kata Wakil ketua KPK Nurul Ghufron,(9/1/2020).

Siapa D dan S sumber terpercaya menyebutkan keduanya staf dan kepercayaan dari elit Partai PDI-P.

Lebih rincinya Sumber terpercaya menyebut kedua orang itu adalah staf Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto bernama masing-masing Donny Tri Istiqomah dan Saeful Bachri dan Donny Tri Istiqomah.

Sementara itu, satu lainnya yang ditangkap (Harun Masiku) merupakan calon tak jadi anggota DPR RI dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Pdi-p)

Tahun 2019 lalu Harun maju dari dapil Sumsel I dengan no urut 6 meliputi kota Palembang, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Musi Rawas Utara dan Kota Lubuklinggau namun yang terpilih Riezki Aprilia yang menggantikan Nasarudin Kemas nama terkahir ini meninggal.

Dalam rapat pleno 31 Agustus 2019 lalu Pdi-p sempat meminta KPU mencoret Riezki dari Anggota DPR terpilih dengan mengajukan Harun namun Permintaan ini ditolak KPU.

Sejauh ini KPK telah memeriksa lebih dari 4 orang yang ditangkap.

“Saat ini sudah ada 8 orang yang diperiksa. Tim lidik (penyelidik) masih bekerja,” kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (9/1/2020).(koc/hay).

Komentar

comments

Tagged with