Klenteng “Kongco” dibangun 1784 Ludes di Lalap Api.

Kongco Klenteng Banyuwangi terbakar

Kongco Klenteng Banyuwangi terbakar

Faktanews.co.id. (Banyuwangi)- Banyuwangi kehilangan bangunan bersejarah. Ya tadi pagi Jumat (13/6/2014) pagi Kelenteng Ho Tong Bio, diluluh lantakkan si jago merah, salah satu bangunan tua di Kabupaten Banyuwangi ludes terbakar.

Tak sampai satu jam bangunan yang dibangun pada 14 Maret 1784 tersebut ludes.

Klenteng yang biasa akrab di penduduk banyuwangi dengan sebutan konchu ini hanya menyisakan puing- puing sisa kebakakaran. Hampir seluruh isi tempat peribadatan hangus dan hancur.

Patung Kongco Tan Hu Cin Jin, juga tak sempat diselamatkan, Namun beberapa patung terbuat dari perunggu, dan benda lainnya terbuat dari logam masih bisa diselamat.

Api pertama kali membakar bagian selatan bangunan dengan dominasi warna merah itu, Kebakaran dari bermula dari altar sembahyangan di sisi selatan persisnya berawal dari Tungku dupa terbakar kemudian pecah sehingga api menjalar.

” Terakhir Kamis malam sekitar jam 8 malam setelah ada yang sembahyang petugas sudah mematikan semua lilin. Jadi sumber api tidak diketahui,” kata penjaga malam iful

Petugas pemadam kebakaran (PMK) baru berhasil memadamkan api setelah 2 jam kejadian atau sekitar pukul 08.00 WIB. Guna memastikan api padam selanjutnya petugas PMK terus melakukan pembasahan pada sisa bangunan tua di Jalan Gurami, Kota Banyuwangi tersebut.

Kelenteng Ho Tong Bio merupakan kelenteng tertua dari 8 klenteng lain yang tersebar di beberapa lokasi di sekitar Banyuwangi, seperti Kelenteng di Besuki (Situbondo), Probolinggo, Jembrana, Buleleng, Tabanan dan Kuta bali.

Kelenteng Ho Tong Bio berada di kawasan Pecinan Kelurahan Karangrejo, Banyuwangi. Nama kelenteng ini berarti “Kuil Perlindungan Chinesse”. Pembangunan kelenteng ini di yakini pemeluk agama kong huchu persembahan kepada leluhur mereka, Kongco Ta Hu Cin Jin, yang dipercaya mereka bisa melindungi orang tionghoa di bumi Blambangan kini Banyuwangi.(kin/Vs/Fn)

Komentar

comments

Tagged with