Kini Peringkat 11.Tahun 2015 Target Bebas Buta Aksara

buta aksaraFaktanews.co.id. (Situbondo)- Angka buta aksara di Kabupaten Situbondo masih tergolong cukup tinggi. bayangkan saja, pada tahun 2013-2014 tercatat kurang lebih 125.445 jiwa warga situbondo yang tidak bisa membaca dan menulis serta menghitung (calistung).

Dengan jumlah yang cukup tinggi tersebut, Situbondo menargetkan pada tahun 2015 bebas dari buta akasara.

Meski demikian, pihaknya mengaku target tersebut akan sulit di penuhi, jika target setiap tahunnya pemberantasan buta aksara itu belum di maksimalkan dalam pelaksanaan.

Sesuai dengan data yang di himpun Dinas Pendidikan Situbondo, program pemberantasan buta aksara dipastikan diupayakan supaya bisa tercapai dalam memberantas buta aksara.

“jumlah tersebut membuat Situbondo menempati peringkat ke 11 sebagai penyandang buta aksara di Jawa Timur,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kab. Situbondo, Fathorrahman.

Seperti diketahui tahun 2013 target pemberantasan buta aksara yang harus membutuhkan perhatian serius, baik dari pemkab Situbondo maupun pemprov Jatim.

Dari 15  ribu orang sedikitnya yang diterima dengan rincian 10 ribu orang yang diajukan ke pemerintah pusat, namun ternyata kurang lebih 1000 orang saja yang di terima.

“Meski tahun 2014 ini belum memenuhi target, kami masih optimis pemberantasan buta aksara akan di tuntaskan tahun 2015 mendatang” pungkasnya. (ans/Fn)

Komentar

comments