Kicauan Twitt Ahmad Dhani Berujung Penjara

Kicauan Twitt Ahmad Dhani Berujung Penjara

Faktanews.co.id.-(Artis)- Penyanyi yang sempat mencoba jadi politikus, Ahmad Dhani masuk di mobil tahanan menuju Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang, Jakarta Timur, Senin (28/1/2019).

Dhani harus menjalani hukuman penjara setelah vonis 1,5 tahun penjara oleh manjelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

Majelis Hakim menilai, Dhani melanggar Pasal 45A Ayat 2 juncto Pasal 28 Ayat 2 Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto Pasal 55 Ayat 1 KUHP.

Kicauan-kicauan Dhani yang saat itu berkecimpung dalam politik calon wakil bupati Bekasi menggaji Suryopratomo Bimo sebagai admin Twitter yang digaji Rp 2 juta per bulan.

Dhani menurut hakim, terbukti sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana karena sengaja anpa hak menyuruh melakukan, menyebarkan informasi untuk menimbulkan kebencian atau permusuhan individu atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antar golongan.

“Menjatuhkan pidana penjara kepada terdakwa Dhani Ahmad Prasetyo dengan hukuman penjara selama satu tahun enam bulan,” kata Hakim Ketua Ratmoho dalam persidangan di PN Jakarta Selatan, Senin (28/1/2019).

Usai divonis bersalah, Dhani tersenyum kecewa menuju sebuah mobil tahanan setelah wawancara awak media yang menunggunya sejak sebelum dan sesudah sidang vonis terhadap dirinya.

Didalam mobil tahanan Dhani  didampingi anaknya Dul (Abdul Qodir Jaelani), tim kuasa hukumnya (Ali Lubis dan Hendarsam Marantoko), dan dikawal seorang polisi sementara dari  jaksa penuntut umum (JPU) Sarwoto ikut mengawal dalam mobil tahanan

Vonis penjara satu tahun enam bulan kepada Ahmad Dhani lebih ringan  tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) yang menuntut dengan dua tahun penjara.

Sebelumnya, dalam dakwaan jaksa, ada tiga twit yang diperkarakan jaksa pada akun Twitter @AHMADDHANIPRAST. Twit itu diunggah pada rentang waktu Februari-Maret 2017 yang diduga berbau sentimen suku, agama, ras, dan antar-golongan (SARA).

Kicauan-kicauan Dhani diunggah adminnya yaitu Suryopratomo Bimo pada 6 Maret 2017.

Dhani sempat membantah menulis dua twit lainnya yang diunggah pada 7 Februari 2017 dan 7 Maret 2017 yang menurutnya diunggah dan ditulis oleh Fahrul Fauzi Putra, salah satu timses Dhani di Pilkada Kabupaten Bekasi yang diberi wewenang untuk pegang handphonenya. (koc/hay).

Komentar

comments

Tagged with