Ketua DPRD Temukan Damkar Tua Masih Stand By Untuk Tangani Kebakaran

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)– Jumlah Unit serta kelayakan Mobil pemadam kebakaran (Damkar) tak sebanding dengan perkembangan Banyuwangi yang pesat dengan Bangunan pencakar langit serta hotel berlevel bintang.

Sejauh ini Banyuwangi mempunyai mobil tanki air yang tak memadai, baik dalam kecepatan menuju lokasi maupun kekuatan panjang ataupun tinggi jangkauan penyemprotan.

Ketua DPRD Banyuwangi, I Made Cahyana dalam tugas inspeksi mendadak (Sidak) menemukan armada mobil Damkar Banyuwangi, udzur dan sangat memprihatinkan.

Made Cahyana yang langsung melihat Damkar di Kantor Markas Sat.pol.PP Banyuwangi, tak habis pikir dengan kemajuan Banyuwangi saat ini sementara Banyuwangi hanya memiliki 10 Armada apalagi dari jumlah itu, juga hanya 3 unit masih layak dioperasikan.

“Yang lain kondisinya rusak,”kata ketua DPRD Banyuwangj dua kali berturut-turut itu kepada wartawan.

Oleh karenanya usai Sidak tersebut, pihaknya akan menindaklanjuti hasil sidak tentang armada Damkar ini dengan menganggarkan APBD tahun 2020 ini untuk penambahan 1 unit armada lagi yang lebih baik dan efisien.

“Kalau memungkinkan anggaranya kita bisa beli Damkar yang lebih cangih dan sesuai dengan fungsinya mengikuti masa era sekarang sudah canggih semua,”katanya.

Dari hasil Pantauannya, saat ini Damkar mempunyai 10 armada, kondisinya sudah cukup memprihatinkan, Bahkan ada satu mobil yang tahun 1971 berarti sudah udzur melebih cukup usia penggunaannya.

Menurutnya, jika armada yang sudah cukup tua ini tidak segera diganti maka ditakutkan akan membahayakan keselamatan petugas.

Lebih jauh dia berharap, selain tabung oksigen juga harus ditambah, kedepan petugas Damkar agar dilengkapi peralatan keamanan seperti masker.

Sementara itu, Kasat. Pol.PP Banyuwangi, Anacletto kepada membenarkan kalau armada di bidang Damkar kondisi sudah banyak yang tidak laik jalan.

“Kita Sat. Pol. PP membawahi bidang Damkar, kita memiliki 10 unit armada kebakaran, tiga yang laik jalan untuk beroperasi. Tiga unit armada truck tanki air, satu truck tanki baru thn 2019 yang tangguh dan ready kelokasi tempat kejadian kebakaran “. Jelas Anacletto,Senin (3/2/2020).

Letto berharap untuk kebutuhan yang harus siap setiap saat serta Tempat kebakaran medan tidak sama, maka armada Damkar ditambah truck tanki canggih untuk penyemprotan air jarak tinggi dan jauh.(mu/kin).

Komentar

comments