Kesultanan Yogya, Kelanjutan Khilafah Turki Itsmani, Bendera Kiswah Ka’bah Tersimpan Di Keraton.

Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta

Faktanews.co,id.-(Yogyakarta)- Gubernur sekaligus Sultan Kasultanan Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwana X menyampaikan bahwa keraton Yogyakarta merupakan kelanjutan Khilafah Turki Utsmani.

Menurutnya, Sultan Turki Utsmani meresmikan Kesultanan Demak pada tahun 1479 sebagai perwakilan resmi Khalifah Utsmani di tanah Jawa, ditandai penyerahan bendera hitam dari kiswah Ka’bah bertuliskan La Ilaha Illa Allah dan bendera hijau bertuliskan Muhammad Rasul Allah.

 “Hingga kini (kedua bendera itu) masih tersimpan baik di keraton Jogja,” paparnya Dalam sambutan di pembukaan Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) ke-6 di Yogyakarta,

Kesultanan Yogjakarta

Kesultanan Yogjakarta

“Dalam arti Kesultanan Ngayogyakarta adalah kekhilafahan yang masih eksis di bumi pertiwi,” tambahnya dikutip era muslim.com (10/2)

KUII dihadiri oleh 42 sultan Nusantara. Seperti misalnya, Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin dari Palembang. Selain itu, KUII Keenam ini dihadiri total sekira 700 peserta yang merupakan tokoh Muslim dari berbagai lini.

Yakni, para ulama, zuama, tokoh ormas, pengusaha, tokoh partai politik, dan cendekiawan.

Salah satu yang diharapkan dari pertemuan ini adalah munculnya sisi sejarah tentang Islam Nusantara setelah bebas dari rekayasa kaum kolonialis. (emc/ed/fn)

Komentar

comments