Kepala Sekolah Jadi Jurkam Calon Kades

Kepala Sekolah Jadi Jurkam Calon Kades

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)-Ditengah politik memanas jelang Pilkades digelar pada tanggal 8 November 2017, kini ramai di perbincangkan publik terkait disalah satu desa di Kecamatan Muncar seorang Pegawai Negeri Sipil(PNS) menjadi Juru Kampanye salah satu calon.

Ini menjadikan gambaran situasi corat-marut akibat ketidak tegasan, menyusul kejadian beberapa desa lain sudah memanas lebih dulu akibat dugaan-dugaan keberpihakan diantaranya berujung sikap protes bahkan gugatan di Di Pengadilan Banyuwangi (desa Kedayunan) terkait penetapan Calon Kepala Desa.

Di Desa Sumberberas Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi,
PNS naik panggung jadi Juru salah satu calon Kades,Sabtu (4/11).

Oknum PNS diketahui bernama JH menjabat Kepala Sekolah SDN 2 Sumberberas jadi tim Calon Kades nomor urut 3 (SA).

Pengawas Pilkades Sumberberas, Suharto tak membantah kejadian tersebut dia juga mengaku juga menerima informasi tersebut dari Babinkatibmas setempat.

Menurutnya, mengacu pada UU No 8 Tahun 2012 tentang Pemilu PNS tidak boleh jadi Jurkam, namun apakah itu berlaku juga larangan untuk Pilkades, dirinya belum mengetahui.

”Yang PNS jadi Jurkam Jaminoto Hadi jabatannya Kepala Sekolah SDN 2 Sumberberas. masalah ijin dari atasannya coba tanya ke Kepala UPTD,” ungkap Suharto kepada wartawan.

Sementara itu Kepala UPTD Muncar Massun mengatakan, PNS tidak boleh jadi Jurkam dalam pemilihan apapun, untuk itu pihaknya akan meminta keterangan dari yang bersangkutan (Jaminoto Hadi) sebelum akhirnya dijadikan dasar mengambil tindakan.

”tidak ada ijin mas, yang jelas tidak boleh jadi Jurkam dalam pemilihan apapun, hari senin yang bersangkutan akan kami panggil,” jelasnya.(di/kin).

Komentar

comments