Kasus Kekerasan Anak Hanya Di Vonis 2 Bulan Penjara. LSM Kawal Hingga Tuntas

Faktanews.co.id.(Banyuwangi)- Meski dikabarkan Jaksa Penuntut Umum melakukan banding atas Putusan hakim yang dinilai ringan terhadap tindak kekerasan kepada anak dibawah umur Olivia gunawan, namun Ketua KPAI Banyuwangi M. Yunus, mengatakan kasus ini harus tetap dikawal hingga tuntas.

Yunus mengemukakan sikapnya yang tidak diam sejak awal karena Menurut Yunus sikap banding JPU hanya formalitas institusi Kejari Banyuwangi karena putusan hakim yang terlalu jauh dari tuntutan.

Secara keseluruhan, Yunus menilai Sejak awal kasus ini dipenuhi rekayasa hukum, proses hukum kasus kekerasan dilakukan oleh Lindawati Liman (50) kepada Foto Model Asal Banyuwangi, Olivia Gunawan (17) sempat tertunda hingga satu tahun.

“Kejadian sekitar Februari tahun 2016 lalu, baru bulan April tahun 2017 ini baru selesai di Pengadilan Negeri Banyuwangi, ini ada apa kok lama banget,” ungkapnya,(16/4).

Tuntutan menurutnya terlalu ringan dan tidak sesuai jeratan yang digunakan jaksa, dalam kasus ini JPU Sadiaswati dan Agus Suhairi SH menjerat terdakwa Lindawati dengan pasal 76 C jo pasal 80 ayat (1) tentang perlindungan anak ancaman hukuman 3 tahun 6 bulan dengan denda maksimal 72 juta. Jaksa menggunakan jeratan pasal 406 ayat (1) KUHP dengan ancaman 2 Tahun 8 bulan

“Dalam dakwaan JPU hanya menuntut 10 Bulan penjara denda 10 juta rupiah hal itu terlalu ringan dibanding pasal yang dijeratkan yang digunakan,” tambah Yunus.

Semakin aneh lagi, Terdakwa Lindawati Liman (50) oleh majelis hakim diketuai I Putu Endru SH hanya memvonis 2 bulan penjara di Pengadilan Negeri Banyuwangi Kelas IB (6/4).

“hanya menghukum ringan 2 bulan dengan denda sebesar 10 juta kepada Lindawati ini tidak adil, korban Olivia mengalami trauma cukup lama, hingga tidak sekolah hampir sekitar sebulan, tangan luka, Hp nya yang mahal rusak,” jelas Yunus.

Kasus ini berawal saat ibu korban (OG) Ketut Sudarmi cekcok dengan Lindawati Liman di sekitar Jl PB Sudirman Banyuwangi. Lindawati adalah istri baru mantan suami Ketut Sudarmi.

Olivia yang menyaksikan Ketut Sudarmi (Ibunya) bertengkar mulut dan di hina spontan merekam dengan ponselnya.

Nampaknya Lindawati semakin kalap menghampiri Olivia, mencengkram dan mencakar tangannya hingga terdapat beberapa luka dan mengakibat hingga rusak parah ponsel Olivia karena dirampas selanjutnya membanting ponsel tersebut.

“saya tetap mengawal ahingga tuntas kasus ini,” katanya. (kin).

Komentar

comments

Tagged with