Karnaval Sepeda Hias Buka Acara Festival Merdeka, Sambut HUT RI Ke 71

karnavaFaktanews.co.id.-(Banyuwangi)- Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia Ke 71, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menggelar serangkaian acara yang dikemas dalam Festival Merdeka.

Karnaval Sepeda Hias merupakan festival pembuka, dengan menempuh jarak 4 kilometer yang dimulai dari depan Kantor Pemkab Banyuwangi dan finish di depan Kantor Kecamatan Banyuwangi.

Karnaval sepeda diikuti pelajar tingkat sekolah dasar dan menengah pertama se kabupaten Banyuwangi (52 SD dan 7 SMP).

“Karnaval sepeda hias ini digelar untuk memeriahkan peringatan hari kemerdekaan Indonesia sekaligus untuk menanamkan cinta pada tanah air pada anak anak kita, generasi penerus bangsa,”kata Asisten Administrasi Umum Fajar Suasana saat melepas karnaval di depan Kantor Pemkab Banyuwangi, Kamis (11/8) yang juga dihadiri Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Wabup Yusuf Widyatmoko.

Pawai sepeda hias diikuti ratusan siswa SD hingga SLTP, mereka berpartisipasi dalam karnaval dengan menghias sepeda goes dengan kertas warna-warni dan aneka hiasan untuk memperindah tampilan.

Tidak hanya sepedanya yang tampil istimewa, para siswa pun mengenakan aneka pakaian yang menarik. mulai dari kostum pejuang asli Banyuwangi seperti Sayu Wiwit, Minak Jinggo, Kencono Wungu.

Sepeda HiasAda juga yang berkostum pejuang era kebangkitan nasional  seperti tokoh Budi Utomo, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama, Soekarno- Hatta. Selain itu mereka juga membawakan pakaian adat Bhinneka Tunggal Ika hingga kostum pemuka agama yang mencerminkan keharmonisan pluralisme di Banyuwangi.

Potensi budaya Banyuwangi juga hadir dalam kostum  penari Gandrung, Seblang, Kebo-keboan, Jaranan, Kuntulan hingga Minak Jinggo. Keberagaman itu pun menarik minat penonton yang memenuhi tepi-tepi jalan di sepanjang rute yang dilalui.

Setelah pawai sepeda, Festival Merdeka menyambut HUT RI ke 71 masih akan berlanjut di sepanjang Bulan Agustus ini.

Panitia sudah menjadwalkan Pawai Lampion yang akan diselenggarakan pada 14 Agustus, Tasyakuran Kemerdekaan pada 16 Agustus, Detik detik Proklamasi dan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih serta Resepsi Kenegaraan pada 17 Agustus.

Ada pula Karnaval Pelajar dan Mahasiswa pada 20 Agustus, Gebyar Merah Putih pada 26 Agustus dan Gerak Jalan Tradisional pada 27 Agustus. (van/kin)

Komentar

comments