Kantor BPM-PD Banyuwangi Seminar Bersama Pokmas

Kakan. BPM-PD. Banyuwangi Dr. Suyanto Waspotondo Wicaksono.

Kakan. BPM-PD. Banyuwangi Dr. Suyanto Waspotondo Wicaksono.

Faktanews.co.id. (Banyuwangi)- Guna memotivasi percepatan pengembangan usaha ekonomi masyarakat di Kabupaten Banyuwangi, Badan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan (BPM-PD) Kabupaten Banyuwangi, selasa (5/5) mengadakan seminar sejak pukul 08.00 wib hingga selesai.

Acara bertempat di gedung Wanita Paramita Kencana ini, dikuti 189 desa anggota pokmas dan kasi kecamatan yang membidangi sekabupaten Banyuwangi.

Acara tersebut dikemas dalam tema “temu pokmas (kelompok masyarakat)” dengan materi tentang pemberdayaan Pokmas Desa.

Kepala Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan (BPM-PD) Kabupaten Banyuwangi Suyanto Waspotondo Wicaksono (Yayan) didampingi Kabid PUEM, Heru Eko Wahyudi, SH, M.Si, mengatakan, banyaknya Pokmas di Banyuwangi diharapkan di imbangi dengan efektivitas dan rasa tanggung jawab.

Yang terpenting lagi pokmas harus mampu membuat dan melaksanakan kegiatan-kegiatan dengan pedoman-pedoman yang sudah digariskan oleh pemerintah.

“banyak pengajuan proposal yang salah Tahun ini saya harapkan bisa diperbaiki, jangan pula sampai ada kegiatan yang fiktif. semua kegiatan pokmas yang tahun kemarin mungkin ada penyimpangan tahun ini tidak boleh terjadi,” katanya.

Lebih jauh dikatakan, keberadaan ataup pendirian Pokmas benar-benar dilandasi program pemberdayaan masyarakat dan pengembangan potensi masyarakat yang kreatif di Wilayah masing-masing dengan salin bersinergi dengan pemerintah setempat.

“harapan saya, Pokmas dapat lestari dan kepala desa juga ikut mengontrol kegiatan pokmas”. harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Kantor BPM-PD Banyuwangi Danisworo mengatakan, Keberadaan Pokmas harsu bisa mengembangkan perberdayaan kreatifitas,inovasi pengembangan sektor ekonomi mandiri, tidak mengantungkan dana dari pemerintah.

”Dalam kegiatan pokmas jangan menunggu progam pemerintah harus ada inovasi dan kreatif menjadi masyarakat yang mandiri”. Ciptakan situasi yang kundusif dalam pembangunan desa dan libatkan tiga pilar di desa,” himbaunya. (yayak/makin

Komentar

comments