Kalah Adu Penalti, Tuan Rumah Rusia Akhirnya Tersingkir

Kalah Adu Penalti, Tuan Rumah Rusia Akhirnya Tersingkir

Pertandingan menegangkan terjadi Rusia vs Kroasia di Perempat final Piala Dunia 2018 yang digelar di Fisht Arena, Minggu (8/7/2018) dini hari.

Kroasia lolos semifinal dan menyingkirkan tuan rumah Rusia dari perburuan Tropy Piala Dunia lewat drama adu penalti 4-3 setelah bermain 2-2 selama 120 menit.

Gol Rusia di babak pertama diciptakan Denis Cheryshev pada menit 31. Sementara itu gol balasan Kroasia dibuat Andrej Kramaric pada menit 38.

Saat laga awal dimainkan, tidak banyak peluang atau tembakan yang mengarah tepat ke gawang karena kedua tim bermain hati-hati.

Rusia selaku tuan rumah Piala Dunia 2018 mendapat dukungan penuh dari penonton yang memadati Stadion awalnya bermain hati-hati dan menerapkan taktik serangan balik lewat Alesandr Golovin.

Sementara itu Kroasia tidak ingin terpancing bermain terbuka bahkan Luka Modric hanya sesekali membantu serangan.

Ante Rebic dari Kroasia membuka peluang di pertandingan ini pada menit ke 5 namun bisa digagalkan kiper Rusia, Igor Akinfeev.

Rusia membuka keunggulan pada menit 31 lewat sepakan keras Cheryshev setelah melakukan satu-dua sentuhan dengan Artem Dzyuba.

Tujuh menit setelahnya Kroasia berhasil menyamakan kedudukan lewat sundulan Kramarij usai menerima umpan silang Mario Mandzukic.

Skor Rusia vs Kroasia di babak pertama bertahan 1-1.

Masuk Interval kedua, laga bertahan imbang 1-1 bertahan hingga 90 menit waktu normal dan pertandingan dilanjutkan hinggan babak tambahan.

Kroasia berbalik unggul 2-1 setelah Domagoj Vida mencetak gol lewat sundulan kepala di menit 101 memanfaatkan sepak pojok Luka Modric.

Skor 2-1 Babak pertama extra time milik Kroasia. Sejumlah pendukung Rusia tertangkap kamera menangis.

Babak kedua dimulai, pelatih Rusia Stanislav Cherchesov memasukkan Alain Dzagoev untuk menambah daya gedor. Rusia terus menyerang di babak extra time.

Dzagoev akhirnya memberikan assist untuk gol balasan Rusia di menit 115 lewat sundulan Mario Fernandes. Kedudukan 2-2 bertahan hingga akhir babak kedua extra time sehinggs laga dilanjutkan dengan adu penalti.

Rusia akhirnya tersingkir setelah lima tendangan penalti dua diantaranya Smolov Fernandes gagal sementara 5 penendang penalti Kroasia hanya satu Kovacic yang Gagal.

Dan Kroasia akhirnya maju ke babak semifinal dan bertemu Inggris setelah mengalahkan Rusia dengan skor 4-3 di babak adu penalti setelah bermain imbang 2-2 selama 120 menit. (bib/yat).

Komentar

comments

Tagged with