Kades Diatur Rinci Dalam Perda Yang Baru Disahkan

Kades Diatur Rinci Dalam Perda Yang Baru Disahkan

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)- Peraturan Daerah (Perda) tentang Kepala Desa merupakan satu diantara dua rancangan Raperda menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam rapat paripurna, Senin (05/08/2019).

Raperda Perubahan Perda No. 9 Tahun 2015 ini mengatur lebih rinci tentang Pedoman Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa dalam rapat paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD, Ruliono didampingi Hj,Yusieni,

Dalam kesempatan itu nampak hadir eksekutif Bupati Banyuwangi, H.Abdullah Azwar Anas,M.Si.  Asisten Administrasi Umum dan Pembangunan, Ir. H.Mujiono, Jajaran Kepala SKPD, Camat dan Lurah se Banyuwangi.

Ketua Pansus Raperda Perubahan Perda Pilkades, Drs Syahroni mengatakan,  substansi materi perubahan pada Perda No. 9 tahun 2015 yakni  perubahan ketentuan Pasal 4 yang semula berbunyi, Pemilihan Kepala Desa Bergelombang sebagaimana ketentuan Pasal 3 Ayat (2) dilakukan dengan waktu paling lama 2 (dua) tahun.

“Diubah berbunyi, Ketentuan lebih lanjut mengenai interval waktu pemilihan Kepala desa secara bergelombang sebagaimana dimaksud ketentuan Pasal 3 Ayat (2) diatur dengan Peraturan Bupati,” katanya dalam Paripurna.

Lebih jauh menurutnya, perubahan Pasal 19 Ayat (3) sehingga berbunyi, Pegawai Negeri sipil yang terpilih dan diangkat menjadi Kepala Desa sebagaimana dimaksud dengan Ayat (2) berhak menerima haknya sebagai Pegawai Negeri sipil, mendapatkan tunjangan Kepala Desa dan pedapatan lainya yang sah yang bersumber dari APBDes.

“Selain itu juga, menghidupkan kembali dan memberi penjelasan pada Ayat (20) Pasal 86 mengenai peruntukan pengunaan APBDes dalam tahun proses pemilihan Kepala Desa,”ungkap Syahroni dihadapan rapat paripurna.

Sementara itu, selain Raperda perubahan tentang Pilkade dalam rapat paripurna ini juga telah mengesahkan satu Raperda Perubahan Perda No. 12 Tahun 2015 tentang Pengawasan,Pengendalian, Peredaran dan Penjualan Minuman Beralkohol.(*kin).

Komentar

comments