Juli Biaya SPP SMA SMK Gratis, Pemberian Seragam Masih Dalam Pembahasan

Juli Biaya SPP SMA SMK Gratis, Pemberian Seragam Masih Dalam Pembahasan

Faktanews.co.id.-(Surabaya)- Mulai bulan Juli 2019, pembayaran SPP untuk SMA dan SMK Negeri di Jatim bisa gratis. Anggarannya pun telah tersedia.

“SMA dan SMK Negeri gratis sudah ada anggarannya, mulai Juli, mulai tahun ajaran 2019 sampai 2020 untuk negeri,”kata Gubernur Khofifah Indar Parawansa, di Kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan Surabaya, Jumat (15/2/2019).

Lebih jauh, pemerintah Jawa Timur menurutnya masih membahas rencana anggaran untuk penggratisan seragam bagi siswa SMA dan SMK. Namun pembahasan ini baru untuk sekolah negeri di Jatim.

Menurutnya, penggratisan seragam nanti, sedang disiapkan konsep baru,  dengan memetakan sekolah mana yang membutuhkan yang tidak terlalu membutuhkan dan ingin berbagi.

Khofifah menilai ada sekolah yang kemampuannya sudah baik, dan ingin berbagi seragam untuk sekolah lain yang lebih membutuhkan.

“Kita juga finalisasi membahas soal anggaran untuk seragam. Jadi kan basis yang kita siapkan adalah untuk sekolah negeri,” tambahnya.

Jauh sebelumnya pada tahun 2018 kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur sudah merencanakan dengan matang seluruh siswa SMA di Jatim dapat menikmati SPP dan seragam gratis.

Sebelumnya telah disepakati dalam rapat antara Komisi E DPRD Jatim dan Dinas Pendidikan Jatim. Dalam rapat tersebut juga telah dialokasikan dana sebesar Rp 904 miliar uang untuk menutup biaya SPP dari 1.280.545 siswa di Jatim.

Rapat Komisi E dan Dinas Pendidikan Jatim menyepakati alokasi anggaran Rp 904.186.560.000,00 untuk 1.280.545 siswa negeri swasta per Juli 2019 nanti,” ujar Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim Suli Da’im dalam keterangan persnya, Jumat (26/10/2018).

Alokasi anggaran ini disebut cukup untuk menggratiskan SPP siswa selama enam bulan mulai bulan Juli 2019, begitu juga dengan pengadaan seragamnya.

“Di samping SPP gratis, pemerintah provinsi juga akan memberikan dua stel seragam bagi seluruh siswa negeri dan swasta se-Jatim. Sebanyak 445.000 siswa untuk siswa kelas 10 dan akan realisasi Juli 2019,” ungkap Suli.(dec/ham).

Komentar

comments

Tagged with