Jokowi Menilai Konsep Desa Wisata di Korea Bisa Dikembangkan Di Indonesia

Jokowi Menilai Konsep Desa Wisata di Korea Bisa Dikembangkan Di Indonesia

Faktanews.co.id.- Disela-sela menghadiri KTT ASEAN-Republik Korea, Presiden Joko Widodo yang diagendakan hingga selasa 26 November 2019, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana berkunjung  ke Gamcheon Culture Village (Desa Wisata Budaya Gamcheon), pukul 14.30 waktu setempat, (24/11/2019).

“Sore-sore saya jalan diajak Pak Dubes (Duta Besar RI untuk Korsel, Umar Hadi) dengan Ibu Menteri Luar Negeri (Retno Marsudi) melihat Kampung Gamcheon. Ini kampung yang sebelumnya kumuh. Kemudian, dilakukan penataan, pengecatan, tetapi juga, ada kegiatan pemberdayaannya,” kata presiden usai menikmati hidangan di salah satu kafe di Gamcheon, (24/11/2019).

Saat berkunjung Jokowi bisa melihat di pengunjung bisa menyambangi kafe dan minum kopi dengan harga terjangkau dikampung itu.

Makanan-makanan di sana dikemas dengan sangat bagus dan diberi brand (merek). “Penyajiannya sangat baik, tapi murah,” ujar Jokowi.

Presiden Jokowi menilai, konsep desa wisata di Gamcheon itu bisa ditiru oleh kampung-kampung yang ada di Tanah Air Indonesia dengan cara membuat berbagai modifikasi sehingga di kampung terjadi kegiatan pemberdayaan ekonomi kreatif untuk masyarakat.

“Saya kira kampung-kampung kita di desa kita mampu membangun seperti ini. Bukan sesuatu yang sulit,” ucap presiden.

Lebih jauh Jokowi melihat ada beberapa daerah yang punya potensi untuk dikembangkan memberdayakan kampung-kampung seperti di Yogyakarta, Malang (Jawa Timur), Jakarta, dan Semarang (Jawa Tengah).

“Yang membedakan, kalau di sini (Gamcheon), penataan kampung, pemberdayaan ekonominya menjadi wisata, menjadi kawasan wisata sehingga bercampur aduk dan meningkatkan ekonomi masyarakat, sehingga ini sebuah contoh yang sangat baik,” ucapnya.

Presiden menilai ide-ide seperti ini bisa memberikan inspirasi bagi kepala daerah, bagi kampung-kampung, bagi desa-desa, bahwa dari yang sebelumnya kumuh tidak tertata, kemudian bisa ditata dan bisa mendatangkan peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kalau di sini (Busan Korea) penataan kampung, pemberdayaan ekonominya menjadi wisata, menjadi kawasan wisata sehingga bercampur aduk meningkatkan ekonomi masyarakat disini. Saya kira ini sebuah rencana yang sangat baik,”jelas.(lic/idn/hay).

Komentar

comments

Tagged with