JK : Jangan Berpolitik Dengan Kampanye Negatif

JK : Jangan Berpolitik Dengan Kampanye Negatif

Faktanews.co.id.(Politik)- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, dalam berpolitik hendaknya menggunakan cara yang baik untuk mencapai tujuan.

Begitu pula, terkait proses jelang pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018, JK berharap baik calon maupun tim sukses peserta tidak melakukan kampanye negatif.

“Banyak aturannya, UU KPU, semua ada kisi-kisi apa yang boleh, apa yang tidak tentu tidak diperbolehkan kampanye negatif,” pesan JK di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Selasa (9/1).

Dalam kesempatan itu, JK menjelaskan perbedaan antara kampanye negatif dengan kampanye hitam.

Kampanye negatif menurut JK Kampanye bermuatan materi perilaku nyata menyangkut hal-hal negatif yang pernah dilakukan pasangan calon.

Sementara kampanye hitam bermuatan materi tidak sesuai dengan kenyataan atau mengada-ada (fitnah).

Namun demikian menurut JK, pada dasarnya kedua kampanye tersebut bermaksud sama, bertujuan menjatuhkan lawan politik.

Untuk itu JK berharap, adanya sosialisasi menolak kampanye negatif perlu digaungkan dalam hal ini menurutnya bisa dilakukan sosialisasi melalui berbagai media utamanya media massa.

“Anda (wartawan) semua di sini bisa memberitakan sesuatu,” jelasnya mengisyaratkan media ikut mencegah kampanye negatif.

Seperti telah diketahui, kampanye negatif diduga faktor utama mundurnya Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam kontestan Pilkada Jawa Timur.

Entah siapa yang memulai, Sabtu kemarin beredar ramai adanya penampakan foto lawas Anas dengan kaki diduga wanita.

Meski foto tersebut belum dipastikan kebenarannya serta perlu diuji namun calon wakil gubernur Jawa Timur itu memilih mengundurkan diri dari calon wakil gubernur Jatim.

Anas yang sedang melakukan safari politik Jelang pendaftaran dirinya berpasangan dengan Cagub Syaifullah mengambil keputusan mengembalikan surat mandat tugas sebagai bakal Cawagub kepada partai pengusungnya PDI-P. (mec/hay).

Komentar

comments

Tagged with