Jalankan Instruksi Kemendikbud, 8 September Mahasiswa Unair Banyuwangi Masuk kuliah

Gedung yang dipakai Unair Banyuwangi

Gedung yang dipakai Unair Banyuwangi

Gunakan 8 Ruangan Kelas milik SMAN 1 Giri, Banyuwangi Akan Siapkan Lahan

Faktanews.co.id- (Banyuwangi)– Meski masih perlu didorong untuk mempunyai pasilitas sendiri, perkuliahan Kampus Universitas Airlangga (Unair) di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, resmi berlangsung mulai hari ini, Senin (8/9/2014). Ini Sejarah baru bagi dunia pendidikan Banyuwangi.

Perguruan tinggi negeri yang berpusat  disurabaya itu menjalankan empat program studi (Prodi) di Banyuwangi, masing-masing Kedokteran Hewan, Budidaya Perairan, Akuntansi, dan Kesehatan Masyarakat.
keempat prodi tersebut di harapkan bisa mendorong dan berkonstribusi bagi pembangunan di Banyuwangi

Wakil Rektor I Unair Prof Dr Achmad Syahrani, MS Apt, mengatakan, meski Unair banyuwangi terbilang baru namun soal kualitas tetap menjadi perhatian utama. Karena tujuan pendidikan memajukan kualitas sumberdaya manusia (SDM) Indonesia melalui dunia pendidikan

“Kami pastikan untuk terus menjaga kualitas proses perkuliahan di Banyuwangi ini tidak berbeda dengan Unair Surabaya. Ini sesuai sistem jaminan mutu Unair yang akreditasinya A. Tentunya dengan sarana dan prasarana yang akan terus dilengkapi,” ujar di sela-sela membuka kuliah pertama Unair kampus Banyuwangi.

Untuk tahun 2014, tercatat 153 mahasiswa Unair kampus Banyuwangi yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Bali,  Pontianak, Makassar, Jambi, Lampung, Kupang, Flores, Cilacap, Bojonegoro, Kediri, Probolinggo, Jember,

Guru Besar Fakultas Perikanan dan Kelautan Unair Prof Moch Amin Alamsjah MSi PhD yang juga hadir unair juga memastikan terdapat dosen tetap tinggal di Banyuwangi karena Sejumlah guru besar Unair juga mengajar di Banyuwangi. ” untuk tenaga pengajar, pelayanan akademik dan lain-lain juga sudah siap,” katanya.

Sementara itu hingga kini  tudingan bahkan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Banyuwangi mengajukan gugatan karena berdirinya Unair di banyuwangi melanggar beberapa peraturan, seperti Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) nomor 20 tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Program Studi di Luar Domisili Perguruan Tinggi.

Rektor Unair Fasichul Lisan, Jumat (5/9). Pembukaan unair di banyuwangi pihaknya hanya menjalankan instruksi dari Kemendikbud.  “Pembukaan Unair di Banyuwangi lahir dari kesepakatan Pak Menteri (Mendikbud) dan Bupati Banyuwangi. Kami hanya menjalankan mandat pak Menteri,” jelasnya.

Seperti diketahui kebaradaan unair Banyuwangi juga tak lepas dukungan maksimal pihak pemkab.banyuwangi, awal walau sementara penunjang sarana prasarana kegiatan, Pemkab Banyuwangi telah menyiapkan 8 ruangan kelas milik gedung SMAN 1 Giri , kedepan kegiatan perkuliahan. Pemkab Banyuwangi akan menyediakan lahan untuk fasilitas Unair cabang Banyuwangi. (mk/ed/fn

Komentar

comments

Tagged with